Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:30 WIB | Sabtu, 19 Desember 2020

Jupiter dan Saturnus Berada pada Jarak Terdekat Sejak Abad Ke-17

Pada hari Minggu (13/12/2020) foto dari NASA menunjukkan planet Saturnus, atas, dan Jupiter, di bawah, terlihat setelah matahari terbenam dari Taman Nasional Shenandoah di Luray, Virginiaa. Kedua planet itu semakin dekat satu sama lain di langit saat mereka menuju "konjungsi besar" pada hari Senin, 21 Desember, di mana dua planet raksasa akan muncul dengan jarak sepersepuluh derajat. (Foto: NASA via AP)

CAPE CANAVERAL, SATUHARAPAN.COM-Planet Jupiter dan Saturnus akan tampak lebih dekat satu sama lain setimbang jarak sejak zaman Galileo di abad ke-17, pada Senin (21/12) malam mendatang.

Para astronom mengatakan apa yang disebut konjungsi antara dua planet terbesar di tata surya kita tidak terlalu langka. Jupiter melewati tetangganya Saturnus di putarannya masing-masing mengelilingi matahari setiap 20 tahun.

Tapi yang akan datang sangat dekat: Jupiter dan Saturnus hanya akan berjarak sepersepuluh derajat dari perspektif kita atau sekitar seperlima lebar bulan purnama. Mereka akan mudah terlihat di seluruh dunia setelah matahari terbenam, jika cuaca memungkinkan.

Pada titik balik matahari musim dingin di Belahan Bumi Utara, malam terpanjang dalam setahun, dan titik balik matahari musim panas di Belahan Bumi Selatan, dan menjadi tontonan tepat waktu untuk Natal ini menjanjikan untuk menjadi salah satu Konjungsi Hebat terbesar.

“Yang paling langka adalah hubungan dekat yang terjadi di langit malam hari kita,” kata David Weintraub dari Universitas Vanderbilt, seorang profesor astronomi. "Menurut saya adil untuk mengatakan bahwa peristiwa seperti itu biasanya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup seseorang, dan menurut saya 'sekali seumur hidup' adalah ujian yang cukup bagus untuk mengetahui apakah sesuatu pantas diberi label sebagai langka atau istimewa."

Terakhir Tahun 1623

Ini akan menjadikan Yupiter dan Saturnus pada jarak terdekat sejak Juli 1623, ketika kedua planet itu tampak lebih dekat. Namun, konjungsi ini hampir mustahil untuk dilihat karena kedekatannya dengan matahari.

Yang jauh lebih dekat dan terlihat jelas adalah pertemuan kedua planet pada Maret 1226, ketika Genghis Khan menaklukkan Asia. Konjungsi hari Senin itu akan menjadi pasangan terdekat yang terlihat sejak dulu.

Saturnus dan Jupiter semakin dekat di langit barat daya selama beberapa pekan. Jupiter, lebih besar dan lebih dekat ke Bumi, terlihat jauh lebih terang.

"Saya suka melihat mereka semakin dekat dan dekat satu sama lain dan fakta bahwa saya dapat melihatnya dengan mata telanjang dari beranda belakang saya!" kata Astronom Virginia Tech, Nahum Arav mengatakan melalui email.

Untuk melihatnya, bersiaplah sesaat setelah matahari terbenam pada hari Senin, sambil memandang ke barat daya yang cukup rendah di cakrawala. Saturnus akan menjadi gumpalan yang lebih kecil dan redup di kanan atas Jupiter. Teropong dibutuhkan untuk memisahkan kedua planet.

Terlepas dari penampakannya, Jupiter dan Saturnus sebenarnya terpisah lebih dari 450 juta mil (730 juta kilometer). Bumi, sementara itu, akan berada 550 juta mil (890 juta kilometer) dari Jupiter.

Teleskop tidak hanya akan menangkap Jupiter dan Saturnus dalam bidang pandang yang sama, tetapi bahkan beberapa bulan paling terang. Posisi super dekat mereka berikutnya akan terjadi pada 15 Maret 2080. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home