Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:09 WIB | Senin, 30 April 2018

Kampanye Pemilu Malaysia Dimulai, Pertarungan Najib dan Mahathir

Mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad maju dalam Pemilu Malaysia 2018 menantang Perdana Menteri Najib Razak.(Foto: cnbc.com)

MALAYSIA, SATUHARAPAN.COM – Kampanye pemilihan umum Malaysia telah dimulai. Tampaknya pemilu ini adalah pertarungan antara perdana menteri saat ini dengan mantan perdana menteri.

Para calon mulai menyerahkan dokumen pencalonan pada hari Sabtu (28/4/2018), seperti diberitakan nhk.or.jp, saat kampanye selama 11 hari dimulai.

Perdana Menteri Najib Razak menyerahkan dokumennya di Negara Bagian Pahang, ditemani banyak pendukungnya dari koalisi Barisan Nasional.

Lawannya, mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, menyerahkan dokumen pencalonannya di Langkawi, Malaysia utara. Veteran berusia 92 tahun itu dikenal karena mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi selama menjabat. Ia adalah calon perdana menteri dari Aliansi Harapan.

Koalisi Najib menargetkan untuk memanfaatkan basis dukungannya yang terorganisir. Aliansi Mahathir fokus pada skandal pendanaan ilegal yang melibatkan sebuah dana negara yang pernah dipimpin oleh Najib.

Sebelumnya, seperti dilansir cnnindonesia.com, Malaysia menetapkan Pemilihan Umum digelar pada 9 Mei, dengan pendaftaran calon pada 28 April dan periode kampanye 11 hari.

Ada tiga koalisi besar di Malaysia. Antara lain koalisi berkuasa, Barisan Nasional yang terdiri atas 13 partai. Lalu koalisi oposisi Pakatan Harapan, yang terdiri atas Partai Keadilan Rakyat, Partai Pribumi, Democratic Action Party (DAP), dan Partai Amanah.

elain itu ada pula koalisi Gagasan Sejahtera, yang terdiri atas Partai Islam Pan Malaysia (PAS), Partai Ikatan Bangsa Malaysia (Ikatan), Berjasa dan Partai Cinta Malaysia (PCM).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home