Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:32 WIB | Senin, 27 Juni 2016

Kapal Tiongkok Mulai Berlayar di Terusan Panama Setelah Pelebaran

Presiden Taiwan Tsai Ing-we (tengah) melambaikan tangan ke awak media saat kunjungannya ke bagian Miraflores, Terusan Panama di Panama City, 25 Juni 2016. Panama akan membuka secara resmi terusan tersebut pada Minggu dengan upacara VIP. (Foto-foto: AFP)

AGUA KLARA, SATUHARAPAN.COM - Kapal barang Tiongkok memulai pelayaran pada hari Minggu (26/6), melalui Terusan Panama yang baru diperlebar dalam perjalanan perdana mereka di perairan penting tersebut

Ratusan ribu orang yang berkumpul di sepanjang terusan itu bersorak mengiringi dimulainya perjalanan kapal Cosco Shipping Panama, masuk dari Atlantik menuju Pasifik dalam perjalanan yang diperkirakan akan menghabiskan waktu sekitar delapan jam.

Kapal Cosco Shipping Panama melintasi Agua Clara Locks saat peresmian Terusan Panama yang telah diperluas di Colon, 80km dari Panama City, 26 Juni 2016. Kapal yang dicarter Tiongkok tersebut melintas sebagai bagian dari peresmian upaya perluasan yang berlangsung selama hampir 10 tahun yang diperkirakan dapat mendongkrak perdagangan dunia.

Terusan yang diperlebar itu akan dapat menangani beberapa kelas kapal baru yang membawa kargo tiga kali lipat dari jumlah sebelumnya.

“Ini adalah hari yang luar biasa, hari kesatuan nasional dan hari penting bagi Panama,” ungkap Presiden Juan Carlos Varela. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home