Loading...
INSPIRASI
Penulis: Ahmad Solikin 06:57 WIB | Rabu, 29 April 2015

Kecilnya Rasa Takut kepada Tuhan

Mungkin saja kita merasa selain Mahakuasa, pastilah Dia juga Mahamaklum, sehingga kita tidak perlu begitu takut kepada-Nya.
Betapa kecilnya manusia di alam semesta (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Seberapa besarkah rasa takut Anda kepada Tuhan? Lebih besar manakah kadar ketakutan Anda: kepada atasan, guru, atau dosen dibandingkan kepada-Nya?

Pada suatu hari saya dan kawan mahasiswa lainnya akan mengikuti ujian lisan. Di sela-sela menunggu dosen tersebut, teman saya ngomong, ”Dosennya sudah datang belum?”

Yang lain pun menjawab, ”Belum ,soalnya mobilnya belum ada.”

”Kok, rasanya deg-degan kayak gini ya, takut nanti kalau dikasih pertanyaan sulit, pokoknya saya takut!” nimbrung kawan yang lain lagi.

Kawan yang dari tadi diam saja pun nyeletuk, ”Ternyata, mau ketemu sama dosen saja kita takut ya! Padahal setiap kali kita berbuat dosa, nggak pernah takut kepada Tuhan, bahkan kita melakukannya dengan enjoy aja.”

Di sinilah masalahnya, kita percaya bahwa hanya Tuhanlah yang memiliki semua yang ada di dunia ini, namun kita tidak memiliki merasa rasa takut kepada-Nya, kepada Tuhan yang menciptakan kita.

Akan tetapi, jika kita melakukan kesalahan kecil dalam mengerjakan tugas pasti kita sudah takut setengah mati kepada atasan kita. Itu pulalah yang membuat kita menyiapkan beragam alasan agar tidak terkena sanksi atas kesalahan tersebut. Agaknya, rasa takut kita lebih besar kepada atasan kita, ketimbang kepada Tuhan!

Mungkin saja perasaan ini disebabkan karena Tuhan memang tidak kasat mata. Atau, mungkin saja kita merasa selain Mahakuasa, pastilah Dia juga Mahamaklum, sehingga kita tidak perlu begitu takut kepada-Nya. Tinggal minta ampun, habis perkara. Bukankah Tuhan juga Mahapengampun? Benarkah semuanya ini?

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home