Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:06 WIB | Minggu, 15 Desember 2013

Kelahiran Yesus Kristus Menurut Perspektif Sejarah

Seorang peziarah sedang berdoa di dalam Grotto (gua) Kelahiran Kristus di Gereja Kelahiran, Betlehem, Palestina. (Foto: dailymail.co.uk)

SATUHARAPAN.COM – Reza Aslan, pakar Alkitab dan penulis Zelot: The Life and Times of Jesus of Nazareth berbicara kepada The Huffington Post untuk memberikan perspektif sejarah tentang kelahiran Yesus, peristiwa yang oleh Injil diceritakan dengan cara yang berbeda.

“Narasi dalam Alkitab itu sendiri tidak pernah dimaksudkan untuk dibaca sebagai cerita sejarah literal dari kelahiran Yesus,” Aslan menjelaskan. “Narasi itu, sebaliknya, argumen teologis tentang siapa Yesus.”

Meskipun fakta-fakta sejarah seputar kelahiran Yesus sangat tipis, dengan memeriksa praktik-praktik budaya dan agama waktu itu dimungkinkan untuk membuat beberapa asumsi tentang apa saja yang berhubungan dengan kelahiran Kristus.

Aslan mengatakan kepada The Huffington Post, “Jika Injil benar bahwa ia berasal dari sebuah desa bernama Nazaret, dan bahwa ia datang dari keluarga tekton (Yun: tukang kayu atau tukang bangunan), itu artinya bahwa ia adalah yang termiskin dari yang miskin. Kata tekton sebenarnya istilah melecehkan di antara orang-orang Romawi, yang digunakan sebagai slang untuk seorang petani kasar atau buta huruf.”

Nazaret Kuno adalah desa kecil yang mungkin dihuni seratus keluarga Yahudi atau kurang, yang terletak di puncak bukit di wilayah Galilea. Aslan menggambarkannya sebagai dusun kecil dengan rumah disusun dari lumpur dan batu bata, “tempat yang begitu kecil dan tidak penting yang tidak tercatat pada peta sebelum abad ke-1.”

Meskipun menurut Narasi Kelahiran Yesus lahir di Betlehem, Aslan menjelaskan bahwa itu jauh lebih mungkin bahwa ia sebenarnya lahir di Nazareth. Meskipun Injil Matius dan Lukas menawarkan penjelasan yang berbeda mengapa Yesus dilahirkan di Betlehem, Aslan menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk mengungkapkan kebenaran tentang identitas Kristus, daripada catatan historis yang akurat. Selanjutnya ia menjelaskan, Injil ditulis setidaknya 60 tahun setelah kematian Yesus.

Jadi seperti apa kisah kelahiran di Nazaret?

"Dia akan lahir di rumah, dengan keluarga di sekelilingnya” kata Aslan. Keluarga yang termasuk setidaknya empat saudara dan jumlah yang tidak diketahui dari saudara. “Mungkin, anggota desa akan membantu dengan proses melahirkan.”

“Dia akan telah disunat pada hari ke-8, tapi tidak di Bait Allah, yang perlu tiga hari berjalan kaki. Orang Galilea tidak sering melakukan perjalanan ke Bait Allah di Yudea. Karena itu adalah perjalanan panjang dan berat, mustahil dilakukan oleh bayi yang baru lahir.”

Aslan mengatakan bahwa upacara sunat juga dilakukan ketika keluarganya akan menamainya. “Mereka akan memanggilnya Yesu, bentuk kecil dari Yeshua, nama pasaran.”

Sehubungan dengan Orang Majus yang datang untuk memberikan hadiah kepada raja yang baru lahir dalam Narasi Kelahiran tradisional, Aslan menjelaskan bahwa Orang Majus adalah imam Persia atau Zoroaster. Beberapa orang Yunani percaya bahwa Zoroastrianisme adalah astrolog, itulah sebabnya mengapa Orang Majus itu akan melihat penampilan bintang baru di timur. Aslan mengatakan, “Kebanyakan ulama akan mengatakan bahwa penampilan majus itu merupakan upaya untuk menghubungkan gerakan Yesus dengan gerakan spiritual timur.”

Setelah kelahirannya, hidup Yesus tidak berbeda dengan penduduk lain dari Nazaret. “Dia adalah anak dari seorang miskin, buta huruf, saleh, keluarga petani tidak berpendidikan dari dusun Galilea,” kata Aslan. “Itulah kemungkinan secara historis masa kanak-kanak Yesus.”


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home