Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 13:20 WIB | Senin, 18 Desember 2017

Kemendag Kampanye Cinta Produk Indonesia di Solo

Kegiatan Penanaman Kepedulian Penggunaan Produk Dalam Negeri kepada Anak Didik dan Generasi Muda kembali digelar oleh Kementerian Perdagangan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana membuka secara resmi acara yang berlangsung di Hotel Best Western Solo Baru, hari Sabtu (16/12). (Foto: kemendag.go.id)

SOLO, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus memotivasi generasi muda untuk mencintai produk dalam negeri.

Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan dialog dengan tema “Gerakan Menanamkan Kepedulian Penggunaan Produk Dalam Negeri Kepada Anak Didik dan Generasi Muda” yang diselenggarakan di SMA Batik 2 Solo Jawa Tengah pada hari ini, hari Sabtu (16/12).

“Generasi muda menjadi penentu bangsa dan penentu ekonomi nasional. Sebagai generasi penerus bangsa mereka mampu menjaga pasar dalam negeri dengan cara mencintai, membeli, dan menggunakan produk Indonesia,” ujar Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, hari Sabtu 16/12).

Eva menegaskan, dengan membeli produk Indonesia maka akan menggerek permintaan terhadap produk dalam negeri sehingga mendorong industri nasional.

“Dengan industri terus berpacu, maka tenaga kerja semakin banyak yang terlibat dan akan terus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia,” katanya.

Generasi muda, lanjut Eva, masih banyak yang belum mendapat informasi bahwa produk dalam negeri sudah merambah pasar internasional.

“Indonesia mempunyai banyak produk berkualitas yang sudah mendunia tetapi masih banyak dianggap sebagai produk luar negeri oleh sebagian masyarakat. Sejalan dengan itu, pemerintah juga terus mendorong perbaikan kualitas produk yang dihasilkan industri dalam negeri,” katanya.

Acara yang terselenggara berkat kerja sama Kemendag dengan Dinas Perdagangan Kota Solo dan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah ini dihadiri 1000 peserta.

Peserta kegiatan terdiri atas pelajar tingkat SMP, SMA, mahasiswa, dan pemuda Karang Taruna yang berada di wilayah Solo dan Sukoharjo. Selain dari Kemendag, narasumber kegiatan ini terdiri atas pelaku industri nasional, motivator, kalangan akademisi, dan tokoh masyarakat.

Kegiatan di SMA Batik 2 Solo merupakan penutup rangkaian kegiatan Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri di kota Solo dan Sukoharjo selama 2 hari tanggal 15-16 Desember 2017.

Sebelumnya Kemendag juga menggelar kegiatan serupa di Hotel Sunan di Solo dan Hotel Best Western di Sukoharjo. Selama tahun 2017, Kemendag telah menyelenggarakan di 10 kabupaten kota seluruh Indonesia yaitu di Pontianak, Palembang, Boyolali, Batam, Ambon, Bima, Banjarbaru, Luwu, Palopo, dan Toraja Utara. (PR)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home