Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:59 WIB | Rabu, 22 April 2015

Kemerdekaan Palestina Bukan Hanya Perjuangan Islam

Ilustrasi. (Foto: aljazeera.net)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq mengatakan perjuangan kemerdekaan Palestina untuk terbebas dari kendali kekuasaan Israel bukan hanya perjuangan Islam, tapi dilakukan oleh seluruh kelompok agama dan komunitas di dunia.

“Perjuangan kemerdekaan Palestina itu bukan hanya perjuangan Islam, teman-teman saya yang beragama Kristen dan Katolik juga mengatakan mereka ingin Palestina merdeka,” kata Maman kepada satuharapan.com, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4).

Dia menjelaskan, populasi masyarakat Palestina yang memeluk agama Islam bukan mayoritas di negeri berjuluk ‘The Holy Land’ tersebut. Karena, masih banyak masyarakat yang memeluk agama Kristen dan lain sebagainya.

“Jadi semua agama dan komunitas di dunia ini ingin mengakhiri dominasi penjajahan Israel terhadap Palestina,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Maman, sikap Indonesia terhadap Palestina sejak era kepemimpinan Soekarno tidak pernah berubah, tetap menganut bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan, termasuk kepada Palestina. “Saya sudah pernah bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat, saya katakan jangan hanya kasih palestina bantuan ekonomi atau kesehatan, tapi berikan mereka kedaulatan dan kemerdekaan,” ujar sosok penghuni Komisi VIII DPR RI itu.

Sebagai satu-satunya negara di Asia yang masih dijajah, Presiden RI Joko Widodo menegaskan penjajahan Israel di Palestina harus segera berakhir. Indonesia pun akan berjalan berdampingan bersama Palestina demi mencapai impian tersebut.

Presiden Jokowi juga mengatakan Indonesia akan terus membantu Palestina mendapatkan status keanggotaan penuh di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

”Indonesia kembali mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan berharap momentum Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 dan dokumen deklarasi Palestina akan sanggup mengoptimalkan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina,” kata Jokowi di sela Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Center (JCC). Selasa (21/4).

Indonesia merupakan negara ketiga yang mengakui kemerdekaan Palestina di Alger, Aljazair, pada 15 November 1988 silam. Saat ini kedua negara tengah merealisasikan pembukaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kota Ramallah, Tepi Barat Palestina.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home