Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:07 WIB | Jumat, 07 Februari 2014

Kerja Sama Gereja Katolik dan WCC Erat

Perwakilan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di kantor WCC di Swiss. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches, WCC) erat bekerja sama dengan Gereja Katolik sejak 1965. Berbagai isu berkaitan dengan kepentingan bersama dan meningkatkan kerja sama antardua lembaga gereja tersebut diwujudkan dalam suatu Kelompok Kerja Bersama (JWG).

Baru-baru ini, para staf WCC di bidang dialog antaragama dan kerja sama menyambut perwakilan dari Gereja Katolik Roma di kantor pusat WCC di Jenewa, Swiss. Ini melanjutkan praktik pertemuan rutin tahunan antara staf Vatikan dan WCC.

Dalam pertemuan mereka yang diadakan 28-29 Januari di kantor WCC di Jenewa dan Ecumenical Institute di Bossey, Swiss, anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, termasuk sekretaris Fr Indunil Janakaratne Kodithuwakku Kankanamalage, Mgr Khaled Akasheh, Mgr Chidi Denis Isizoh, dan Fr Santiago Michael.

Kelompok Katolik yang bekerja di bidang dialog antaragama dan kerja sama berbagi prioritas mereka dan menyatakan harapan mereka menemukan cara untuk berkolaborasi lebih lanjut dengan WCC.

WCC dan Gereja Katolik

Di antara gereja-gereja yang bukan anggota WCC, yang paling penting adalah Gereja Katolik Roma. Sejak 1965, Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group-JWG), disponsori oleh WCC dan Gereja Katolik, telah bertemu secara teratur untuk membahas isu-isu bersama dan meningkatkan kerja sama. Rapat pleno yang diadakan setiap tahun dan kelompok eksekutif bertemu dua kali setahun. Direktur Program WCC “WCC dan Gerakan Ekumenis di Abad 21” menjabat sebagai wakil sekretaris untuk JWG dan membantu mengkoordinasi kontak antara Dewan dan departemen (atau Discatery)  Vatikan melalui Dewan Kepausan untuk Memajukan Persatuan Umat Kristen (PCPCU).

JWG adalah kelompok kerja di seluruh dunia dengan masukan regional dan lokal. Partisipasi WCC dalam JWG terdiri atas 17 anggota dan konsultan yang mewakili konstituensi WCC (tradisi gereja, kredo, daerah, kategori penduduk seperti pendeta, kaum awam, pemuda). PCPCU  juga mengirim jumlah yang sama dalam JWG. JWG menyediakan ruang bagi badan-badan induk yang membahas topik penting yang memengaruhi hubungan mereka.  Wakil-wakil mereka berbagi pengalaman gereja dan konstituen mereka dengan paroki-paroki Katolik Roma pada tingkat lokal.

Studi dilakukan oleh anggota JWG atau oleh para ahli dari badan-badan induk diundang oleh JWG. Agenda JWG menyentuh beberapa bidang kegiatan program WCC, seperti masalah doktrin, masalah yang berkaitan dengan misi, keadilan, perdamaian dan rekonsiliasi, formasi ekumenis dan pemuda.

Meskipun Gereja Katolik Roma bukan anggota WCC, gereja itu adalah anggota penuh dari Komisi-komisi Iman dan Tata Gereja. Gereja Katolik juga melayani dalam tim Misi dan Kesatuan dalam kapasitas konsultatif. Gereja Katolik mensponsori pengajar dan dukungan spiritual di Bossey Ecumenical Institute. Melalui Dewan Kepausan untuk Memajukan Dialog Antaragama, Gereja Katolik bekerja dengan tim WCC dalam dialog dan kerja sama antaragama. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home