Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 17:18 WIB | Rabu, 18 Januari 2017

Kerusakan Gempa di Sumut

Kerusakan Gempa di Sumut
Prajurit TNI AD mengamati kondisi rumah warga yang rusak akibat gempa di Desa Kabayaken Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (17/1). Gempa dengan kekuatan 5,6 SR yang berpusat di Deli Serdang dan sekitarnya mengakibatkan sekitar 103 rumah rusak ringan dan 11 rumah rusak parah. Tida ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Kerusakan Gempa di Sumut
Polisi dan petugas mall berada didalam gedung bioskop yang rusak akibat gempa, di Medan, Sumatera utara, Senin (16/1). Gempa kekuatan 5,6 SR berpusat di Deli Serdang, Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan 5,6 Skaa Richter di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara pada Senin (16/1/2017) berasal dari sesar di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya juga terjadi gempa 3.9 SR, pada pukul 19:13:30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 kilometer barat daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG). Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengkonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan keras di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Gempa juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan. Masyarakat Kota Medan juga berhamburan keluar rumah. 

Pusat gempa cukup dekat Gunung Sinabung karena pusat gempa berjarak sekitar 33 kilometer timur laut dari Kabupaten Karo. Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung. PVMBG mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung. Status Gunung Sinabung tetap Awas.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan di sekitar Deli Serdang dan Binjai intensitas gempa sekitar  IV hingga V MM. Artinya guncangan gempa yang dirasakan ringan hingga sedang. Diperkirakan gempa tidak berdampak pada kerusakan bangunan yang masif. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima intensitas gempa dibatas VI MMI.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pendataan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan namun masih pendataan. Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu.(PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home