Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 22:07 WIB | Minggu, 31 Mei 2015

Kota Tua Jadi Lokasi Pencanangan Hut ke-488 DKI

Ilustrasi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membuka booth Jakarta Smart City. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta secara resmi telah mencanangkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-488 Kota Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (31/5) sore. Pencanangan hari jadi Kota Jakarta dipusatkan di Plaza Taman Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua dengan tema Jakarta: Modern, Kreatif, dan Berbudaya. Ahok, sapaan akrab Basukieronica bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat datang disambut kesenian khas Betawi seperti ondel-ondel, tanjidor, dan palang pintu.

Peringatan HUT ke-488 Kota Jakarta ini digelar secara serentak di enam kota/kabupaten yang pencanangannya dilaksanakan secara bergilir setiap tahun.

"Tahun ini Jakarta Barat ditetapkan sebagai tempat pencanangan HUT ke 488 bertempat di Plaza Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua," ujar Ketua Panitia Pencanangan HUT ke-488 Kota Jakarta, Andi Baso.

HUT Kota Jakarta ke-488 mengambil tema Jakarta Modern, Kreatif, dan Berbudaya.

"Dengan harapan agar ke depan Pemprov DKI dan masyarakat ibu kota semakin kreatif, dan semakin berbudaya dengan mencanangkan dan melaksanakan serangkain program pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Sementara itu, logo HUT DKI ke-488 terdiri atas beberapa komponen di antaraya kobaran api emas, gedung abstrak bertingkat, roda dan lingkaran, daun dan pohon, ondel-ondel, gunung wayang, semar, dan naga.

"Sedangkan makna warna yang berada di dalam logo, biru menggambarkan profesionalisme dan kepercayaan yang jernih, merah merupakan yang warna kuat melambangkan energi dan motivasi yang relevan dengan tema HUT tahun ini, kuning melambangkan kesolidatan, emas merupakan keanggunan dan elegan, hijau melambangkan ketenangan," kata dia.

Rangkaian HUT ke-488 Kota Jakarta, kata Andi, dimulai 29 Mei sampai 30 Juni 2015. Ada 34 kegiatan, mulai dari festival kegiatan kreatif dan tradisional, olahraga, acara-acara SKPD dan badan, serta masih banyak kegiatan lainnya. Kami juga mengajak warga untuk berhias menyambut HUT Jakarta," ujar Andi.

Dalam ppencanangan tersebut, Ahok juga menyerahkan santuan kepada 150 orang anak yatim sebesar Rp 250.000 per orang, pemberian sebanyak 129 E-KTP, serta 40 dokumen Akte Kelahiran bagi warga masyarakat Jakarta Barat, pemberian beasiswa kepada 50 orang pelajar, serta pencanangan keberadaan PHL di kelurahan Provinsi DKI Jakarta.

Dalam pidatonya, Ahok mengaku telah dua kali mencanangkan perayaan HUT DKI.

"Ini kedua kali saya mencanangkan, tahun lalu saya masih Plt Gubernur. Doakan agar Jakarta Baru bisa segera terwujud, saya ditagih terus sama Pak Jokowi," kata Ahok.

Ahok berharap warga pada perayaan HUT Kota Jakarta tahun ini dapat memiliki kebudayaan yang lebih baik lagi di tengah-tengah kemajuan ibu kota.

 Pencanangan HUT ke-488 Kota Jakarta ini ditandai dengan pembunyian sirene secara bersama-sama yang dilakukan Ahok, Djarot, Sekda DKI Saefullah, Walikota Jakarta Barat Anas Effendi, dan pimpinan Forkopimda. (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home