Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta 16:48 WIB | Minggu, 19 Mei 2013

Mantan Bapak Pembangunan Korea Nam Duck Woo Meninggal.

Nam Duck Woo (sumber: www.srhuchi.chosun.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM – Mantan Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Korea Selatan, Nam Duck Woo meninggal dunia karena komplikasi penyakit kanker pada Sabtu (18/5) malam pada usia 89 tahun.

Ia adalah bapak negara yang memimpin pembangunan ekonomi yang memajukan perekonomian Korea Selatan pada tahun 1970-an.

Nam telah berjuang melawan kanker selama beberapa tahun terakhir dan kondisinya memburuk seiring usianya, ujar salah satu anggota keluarganya.

Presiden Park Chung Hee mengangkat Nam menjadi Menteri Keuangan pada tahun 1969 hingga periode 1974. Kemudian mulai dari tahun 1974 hingga 1978, ia menjadi wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas kebijakan ekonomi perkembangan industri Korea Selatan.

Nam memperoleh gelar doktoral bidang ekonomi di Oklahoma State University.

Sebelum menjadi pejabat publik, Nam pernah menjadi guru besar di bidang Ekonomi pada Universitas Sogang di Seoul. Park dikatakan tepat telah merekrut Nam karena membaca tulisan-tulisannya yang mengkritisi ekonomi pemerintahan.

Di bawah Presiden Chun Doo-hwan, Nam adalah perdana menteri 1980-1982. Kemudian 1983-1991, Nam menjabat sebagai kepala Asosiasi Perdagangan Internasional Korea.

Sebelum pemilihan presiden tahun 2007, Nam bekerja sama sebagai penasihat ekonomi senior dengan Putri Park Chung Hee yang kemudian berkompetisi untuk wakil dari partai yang berkuasa.

Nam meninggalkan seorang istri dan tiga anak, 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home