Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:36 WIB | Jumat, 06 Februari 2015

Mengapa Penting Kisah Keluaran Benar Secara Historis?

Apakah Kisah Keluaran benar-benar terjadi? Pembaca tidak akan terkejut mengetahui bahwa jawaban Mahoney dengan susah payah “ya.”
“Menyeberangi Laut Merah”. Lukisan karya Nicolas Poussin (1594–1665).

SATUHARAPAN.COM – Hukum Barat, gerakan hak-hak sipil, dan Kristen itu sendiri, bergantung pada historisitas peristiwa Alkitab.

Apakah penting membuktikan Kisah Keluaran Musa benar-benar terjadi? Gregory Alan Thornbury, Presiden The King’s College di New York mengemukakan opininya di christianitytoday.com.

Menurut teolog dari Gereja Baptis Selatan itu, mempertanyakan tulisan Kurt Eichenwald di Newsweek yang mengejek historisitas Alkitab, menganggap seandainya kisah-kisahnya tidak benar-benar terjadi pun, Alkitab masih dapat dipahami. Thornbury menulis, Eichenwald kurang melakukan riset.

Dan, sebuah film dokumenter baru kemungkinan akan memacu perdebatan itu. Pattern of Evidence: The Exodus, film lebih dari satu dekade pembuatannya, muncul di sekitar 700 bioskop AS pekan lalu. Film yang diarahkan dan diproduksi oleh Timothy P Mahoney itu mengeksplorasi isu sentral di jantung perdebatan sejarah keandalan Alkitab: apakah Musa memimpin Israel keluar dari perbudakan di Mesir, melalui Laut Merah di tanah yang kering, dan ke padang gurun Syur (baca Kel. 15:22).

Mahoney bukan pakar Perjanjian Lama, seorang arkeolog, atau teolog. Sebaliknya, ia adalah seorang Kristen evangelikal awam yang mengakui ia kadang-kadang meragukan bahwa Keluaran adalah peristiwa sejarah yang nyata. Dia muncul di layar sebagai diri sendiri, mengajukan pertanyaan yang sulit: Dapatkah saya mempercayai teks Alkitab yang saya pegang di tangan saya?

Untuk menjawab itu, Mahoney melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk mewawancarai tokoh ulama seperti Mansour Baraik, Direktur Jenderal Benda Kuno di Luxor di Mesir. Ia juga menemui Israel Finkelstein, arkeolog terkemuka di Tel Aviv University. Mereka dan pakar-pakar lainnya melihat sedikit sekali korelasi antara peristiwa yang dijelaskan dalam kitab Keluaran dan yang telah ditemukan dalam catatan arkeologi.

Film ini juga memberikan waktu tampil kepada Rabbi David Wolpe dari Sinai Temple di Los Angeles. Ia adalah pemimpin salah satu jemaat terbesar Yahudi AS. Wolpe mengartikulasikan pandangannya bahwa iman tidak perlu sesuai dengan fakta sejarah atau ilmiah, terutama dalam kasus Keluaran yang diceritakan dalam Taurat. Namun, Rabbi Wolpe tidak dengan tegas mengungkapkan pendapatnya tentang masalah ini. “Sejauh mana kisah Keluaran memiliki inti sejarah sangat sulit untuk diterangkan,” kata Wolpe. “Tapi keyakinan saya lebih tentang kisah itu adalah cerita itu benar. Dan, itu adalah hal yang berbeda.”

Mahoney mengeksplorasi apakah ada bukti orang-orang Yahudi tinggal di Mesir pada saat Firaun Ramses. Jawaban yang didapatnya dari ulama adalah, sekali lagi, “tidak”. Dia menghubungkan titik-titik untuk menjelaskan implikasi-jika serius para ulama benar, yaitu: “Tidak ada orang Yahudi di Mesir berarti tidak ada Kisah Keluaran. Tidak ada Kisah Keluaran berarti dasar Yudaisme adalah sebuah mitos. Dan bagi orang Kristen itu berarti bahwa Yesus Kristus dan para penulis Perjanjian Baru keliru karena mereka semua menerima realitas Musa dan Keluaran dan membangun ajaran mereka pada hal itu.”

Itu tepatnya benar— Thornbury menulis dalam opininya. Pada beberapa titik dalam Injil, Yesus mengacu kepada Musa dan perintah-Nya seolah-olah Musa benar-benar menuliskan itu. Pada Perjamuan Terakhir, Yesus menghubungkan kematian secara fisiknya—darah dan tubuh—dengan Anak Domba Paskah yang dikorbankan untuk kehidupan orang Israel selama Tulah ke-10, Kematian Anak Sulung. Apakah Yesus memberi predikat kematiannya sendiri di kayu salib pada suatu peristiwa yang tidak pernah terjadi? Jika itu terjadi, sifat seluruh perjanjian dari narasi Alkitab berantakan. Yesus dari Nazaret bukanlah “Musa baru” jika Musa tidak pernah ada. Jika benar demikian, kita hanya punya seorang Mesias versi Jesus Christ Superstar-nya Andrew Lloyd Webber: orang yang hanya mati di kayu salib. Itu saja.

Tidak hanya iman Kristen yang bergantung pada historisitas kisah Musa. Begitu juga dengan dasar hukum dan ketertiban di masyarakat Barat. Tradisi hukum umum dan yurisprudensi masyarakat Barat kembali ke gagasan perjanjian Yahudi. Tanpa Musa, kita kehilangan sanksi ilahi untuk membatasi pemerintah dan kekuatan otoritas manusia. Apa tujuan konstitusionalisme yang berakar pada Taurat ini? Menurut Oxford Companion to the Supreme Court, “berusaha mencegah tirani dan untuk menjamin kebebasan dan hak-hak individu yang masyarakat bebas.” Semua orang yang peduli tentang kebebasan akan masuk ke perdebatan Exodus. Apakah ajaran Musa benar-benar dari Musa? Apakah itu berakar pada sumber transenden? Itu adalah beberapa pertanyaan yang cukup penting.

Profesor Thornbury menambahkan, ini kebetulan juga film Mahoney rilis di bioskop pada Martin Luther King Jr Day. Orang-orang Amerika Serikat sebagai bangsa teringat pada kehidupan dan warisan pemimpin gerakan hak-hak sipil yang ditembak mati di Lorraine Motel di Memphis pada 4 April 1968. King berulang kali mengucapkan bahwa perjuangan untuk hak-hak sipilnya terkait dengan historisitas latar belakang Kisah Keluaran. Dia jelas memikirkan Keluaran sebagai catatan sejarah yang sejajar dengan pengalaman orang Afro Amerika di Amerika Serikat. Malam sebelum pembunuhan itu, King mengucapkan khotbah terakhirnya. Dia mulai seperti ini:

“Sesuatu terjadi di Memphis; sesuatu terjadi di dunia kita. Dan Anda tahu, jika saya berdiri di awal waktu, dengan kemungkinan mengambil panorama pandangan seluruh sejarah manusia sampai sekarang, dan Yang Mahakuasa berkata kepada saya, 'Martin Luther King, kapan waktu yang kamu inginkan untuk hidup?' Saya akan mengambil penerbangan mental saya ke Mesir dan saya akan melihat anak-anak Allah dalam perjalanan luar biasa mereka dari ruang bawah tanah gelap Mesir, atau lebih tepatnya di Laut Merah, melalui padang gurun menuju Tanah Perjanjian.”

Belenggu Israel dan pembebasan Allah keluar dari cengkeraman Firaun tidak dipermasalahkan King dan jemaatnya di Southern Christian Leadership Conference. Realitas sejarah penebusan sangat penting untuk mereka. Ada perbudakan nyata dan penebusan nyata. “Mataku telah melihat kemuliaan kedatangan Tuhan” bukan sebuah abstraksi atau sentimen puitis.

Mahoney sendiri menggunakan alat-alat jurnalistik melalui Patterns of Evidence. Dia mewawancarai pakar, membuat berbagai skenario kemungkinan, dan membuat kesimpulan pribadi tentang historisitas Musa dan Taurat. Yang paling penting, kita melihat protagonis film kembali ke teks Alkitab itu sendiri. Dan ya, Mahoney memilih imannya sendiri membimbingnya.

Apakah Kisah Keluaran benar-benar terjadi? Pembaca tidak akan terkejut mengetahui bahwa jawaban Mahoney dengan susah payah “ya.” Tapi Mahoney dan produser eksekutif David Wessner tidak melakukan pendekatan apologetika asal-asalan. Mereka yang skeptis tidak direndahkan, tetapi dihormati sebagai sesama peziarah dalam eksplorasi kebenaran sejarah. Bahwa dalam dan dari dirinya sendiri adalah alasan yang cukup untuk terlibat film.

Keseriusan masalah yang dipertaruhkan harus mendorong orang Kristen untuk menonton film dokumenter dengan teman-teman mereka dan menarik kesimpulan mereka sendiri. Tentu saja perhatian kita telah ditarik kembali ke kisah Keluaran versi Ridley Scott Exodus: Gods and Kings. Dalam wawancara terbaru tentang film, Scott menepis anggapan bahwa cerita itu berdasarkan masa lalu. Ketika kontroversi meletus dalam terang pertanyaan apakah film itu setia pada teks Alkitab, surat kabar Israel Haaretz memulai ceritanya dengan : “. . . cukup jelas bahwa tidak ada bukti sejarah untuk mendukung historisitas kisah Alkitab Keluaran.” Benarkah?

Salah satu hasil yang positif bagi orang Kristen menonton Pattern of Evidence adalah bahwa hal itu bisa menghasilkan percakapan serius lainnya tentang dasar iman. Beberapa pengkhotbah telah mengondisikan secara kultural untuk menghindari berbicara tentang keraguan. Mereka menekankan kesalehan dan ibadah. Dalam skenario ini, orang-orang Kristen Barat canggung berperan sebagai Carol Burnett sebagai Norma Desmond dalam film klasik Sunset Boulevard: Kami berpura-pura semuanya baik-baik saja, bahwa kita masih hidup di hari kemuliaan kita. Bahkan, ketika teman-teman malu melihat kita dan membiarkan kita pergi.

Dalam sebuah wawancara 2011 dengan Columbia Journalism Review, sutradara Errol Morris (The Fog of War) mengatakan tugas pembuat dokumenter adalah untuk membantu penonton “menemukan kembali kenyataan”:

“Seseorang datang kepada Anda dan berkata, ‘Yah, saya seorang postmodernis. Saya benar-benar tidak peduli tentang kebenaran, kebenaran adalah subjektif. Atau, ada segala macam versi yang berbeda dari kebenaran: kebenaran Anda, kebenaran saya, kebenaran orang lain.’ Dan kemudian Anda mengatakan kepada mereka, ‘Yah, itu hanya masalah pendapat pribadi?’”

Namun, kebenaran adalah penting. Orang-orang ingin tahu jawabannya: siapa, apa, kapan, bagaimana, dan mengapa. Dan tanpa memberikan kebenaran-kebenaran kecil, mereka mungkin tidak pernah belajar dari Kebenaran yang tertinggi di belakang mereka.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home