Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 15:57 WIB | Senin, 28 April 2014

Microsoft Temukan Cacat di Internet Explorer

Internet Expolorer 11. (Sumber: miscrosoft)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Microsoft pada Minggu (27/4) kewalahan memperbaiki celah keamanan dalam browser Internet Explorer yang digunakan secara luas, mengatakan bahwa mereka mendeteksi adanya upaya untuk mengeksploitasi celah tersebut.

Raksasa perangkat lunak Amerika Serikat itu mengatakan masalah coding tersebut memengaruhi versi enam sampai 11 browser unggulannya, mencatat bahwa mereka menyadari ada “serangan bertarget terbatas” yang memanfaatkan kelemahan yang baru ditemukan.

Microsoft mengatakan bahwa seorang penyerang yang berhasil mengeksploitasi kerentanan itu bisa mendapat hak pengguna yang sama dengan pengguna resmi.

“Kerentanan tersebut bisa merusak memori yang bisa membiarkan seorang penyerang menjalankan kode acak dalam konteks pengguna aktual di dalam Internet Explorer,” kata Microsoft di situs keamanannya, Sabtu.

“Seorang penyerang bisa mengendalikan sebuah situs khusus yang didesain untuk mengeksploitasi kerentanan ini melalui Internet Explorer dan kemudian meyakinkan seorang pengguna untuk membuka situsnya.”

Perusahaan keamanan cyber FireEye, yang dipuji karena mengidentifikasi kecacatan tersebut, mengatakan peretas mengeksploitasi bug dalam operasi yang disebut “Operation Clandestine Fox”.

Para pengguna yang masih menggunakan Windows XP bisa sangat rentan karena Microsoft sudah tidak mendukung sistem operasi versi lama dengan perbaikan keamanan dan update perangkat lunak lainnya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home