Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:58 WIB | Senin, 27 Juli 2015

Militer Kolombia Diperintahkan Hentikan Serangan ke Pemberontak

Ilustrasi: Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg (kanan) menerima kunjungan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, sebelum pertemuan kedua pemimpin di Oslo, 16 Juni 2015. Santos berada di Oslo untuk menghadiri Oslo Forum 2015, sebuah gelaran dengan mediator senior konflik pihak ketiga dan sejumlah aktor proses perdamaian penting lainnya berbagi pengalaman, mengidentifikasi tantangan dan membahas praktik mereka dan pihak lainnya. (Foto:AFP).

CARTAGENA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Kolombia Juan Manuel Santos memerintahkan diakhirinya serangan pengeboman terhadap pemberontak Kolombia, FARC (Revolutionary Armed Forces of Colombia). 

“Saya sudah mengeluarkan perintah untuk menghentikan serangan bom terhadap kamp tempat terdapatnya anggota kelompok tersebut,” ungkap Santos dalam sebuah pidato di acara militer di Cartagena, pada Sabtu (25/7).

Pemberontak FARC telah melakukan gencatan senjata sepihak, Santos pada April memerintahkan militer untuk melanjutkan serangan udara terhadap gerilyawan FARC setelah mereka diduga 11 tentara.

Sejumlah perundingan yang digelar di Havana sejak November 2012 diupayakan untuk mengakhiri pertempuran dengan pemberontakan sayap kiri telah berlangsung selama lebih dari empat dekade.

Diskusi akan dilanjutkan pada Kamis (30/7) setelah jeda dan kedua pihak pada dasarnya telah sepakat untuk memadamkan permusuhan, meski bentrokan secara sporadis masih berlanjut.

Bentuk dari putaran perundingan terbaru tersebut berbeda, dengan sejumlah negosiator terbagi dalam dua beberapa kelompok kerja untuk menangani sejumlah isu berbeda.

Dua isu besar dalam agenda tersebut mencakup bagaimana memberikan kompensasi bagi korban dan penandatanganan kesepakatan damai akhir. (Ant/AFP).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home