Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:07 WIB | Senin, 11 November 2013

Oposisi Suriah akan Hadiri Perundingan Damai dengan Syarat

Pasukan yang loyal pada Presiden Bashar al-Assad berjalan di reruntuhan di Aleppo Minggu (10/11). (Foto: dari alarabiya.net)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Kelompok oposisi utama Suriah pada Senin (11/11) mengatakan bahwa mereka bersedia menghadiri perundingan damai dengan syarat bahwa Presiden Bashar al-Assad memindahkan kekuasaan dan dikeluarkan dari proses transisi apa pun.

Koalisi Nasional “bersedia untuk berpartisipasi dalam konferensi (damai) dengan syarat pemindahan kekuasaan secara penuh... dan bahwa Bashar al-Assad dan orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian rakyat Suriah tidak memiliki peran dalam fase transisi dan masa depan Suriah,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Keputusan yang dikeluarkan oleh Coalition’s General Assembly (Majelis Umum Koalisi/CGA) setelah dua hari pertemuan di Istanbul, menuliskan persyaratan lain untuk partisipasi oposisi dalam perundingan damai yang diperdebatkan di Jenewa.

Mereka menyerukan koridor bantuan kemanusiaan untuk dibuka agar memungkinkan bantuan sampai ke tangan rakyat Suriah yang terperangkap dan evakuasi warga sipil serta pembebasan para tahanan. (AFP/Ant)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home