Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 21:48 WIB | Rabu, 05 April 2017

PAN: Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih adalah yang Terbaik

Sekretaris Fraksi PAN di DPR, Yandri Susanto (Foto:Dok satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Fraksi PAN di DPR, Yandri Susanto  mengatakan pihaknya telah melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap para calon komisioner KPU dan Bawaslu secara terbuka sejak Senin sampai Selasa (3-4 April 2017), kemudian diperdalam oleh anggota untuk bertanya.

"Terhadap hasil, kami yakin komisoner terpilih adalah yang terbaik dari yang baik. Ada 14 calon, 7 yang harus diambil dan dari 10 itu ada 5 yang harus kita ambil sesuai UU Nomor 15/2011," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (5/4).

Menurut dia,  12 nama yang lolos itu merupakan pilihan Partai Amanat Nasional semua. Artinya, apa yang diinginkan seiring sejalan dengan fraksi lain sehingga ada kesepahaman, kredibel dan mampu mengemban tugas kepemiluan.

"Insya Allah bisa mengemban amanah beban pelaksanaan Pemilu 2019," kata dia.

Yandri Susanto mengatakan pihaknya yakin kepada para anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022 yang terpilih berdasarkan rapat pleno Komisi II DPR pada Rabu (5/4) sangat amanah.

"Kami yakin seyakin-yakinnya calon yang terpilih diemban sesuai amanah," kata

Sebelumnya, ada lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah ditetapkan dalam rapat pleno Komisi II usai menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) sejak Senin sampai Selasa (3-4 April 2017).

Lima komisioner Bawaslu yang terpilih dengan suara tertinggi adalah Ratna Dewi Pettalolo sebanyak 54 suara, kemudian Mochammad Afifuddin meraup 52 suara. Selain itu, Rahmat Bagja dengan 51 suara. Lalu, Abhan meraih 34 suara dan Fritz Edward Siregar‎ sebanyak 33 suara.

Di samping itu, untuk tujuh anggota KPU yang terpilih dengan suara tertinggi adalah Pramono Ubaid Tanthowi dan Wahyu Setiawan dengan memperoleh 55 suara. Kemudian disusul Hasyim Asy'ari meraup 54 suara, Ilham Saputra meraih 54 suara.

Selain itu, Viryan dengan 52 suara lalu diikuti oleh Evi Novida Ginting Manik yang memperoleh 48 suara dan Arief Budiman sebanyak 30 suara.‎ Untuk komisioner KPU, ada dua calon petahana (incumbent) yang kembali terpilih yaitu Hasyim Asy'ari dan Arief Budiman.

Kemudian, daftar nama-nama komisioner KPU dan Bawaslu yang terpilih ini akan langsung dibawa ke rapat badan musyawarah pada Rabu (5/4) siang. Setelah itu, rencananya besok akan dibawa ke rapat paripurna pada Kamis (6/4).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home