Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:47 WIB | Selasa, 10 Mei 2016

Panama Papers: Raja Arab Saudi Bantu Kampanye Netanyahu

Ilustrasi: Perdana Menteri (PM) Israel Benyamin Netanyahu. (Foto: telegraph.co.uk).

SATUHARAPAN.COM – Berdasar keterangan dari dokumen yang diperoleh dari Panama Papers terdapat sebuah fakta Raja Arab Saudi  Salman bin Abdulaziz Al Saud dikabarkan memberi sponsor kampanye ke Perdana Menteri (PM) Israel, Benyamin Netanyahu yang akan mencalonkan kembali sebagai perdana menteri.

“Pada Maret 2015, Raja Salman menyimpan setidaknya 80 juta dolar (Rp 1,068 triliun) yang dia setorkan ke rekening warga negara campuran warga negara Spanyol dan Suriah, Mohamed Eyad Kayali,” menurut Ketua Partai Buruh Israel, Isaac Herzog seperti dikemukakan situs berita, siasat.com, hari Senin (9/5).

Herzog memerinci uang sejumlah tersebut disetorkan dari perusahaan yang dimiliki Mohamed Eyad Kayali ke rekening perusahaan yang dimiliki  sebuah miliarder dan pengusaha Israel, Teddy Sagi, yang telah mengalokasikan uang untuk mendanai kampanye Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Menurut stasiun berita Iran, Presstv.ir,  dengan mengutip pernyataan Menteri Urusan Militer Israel, Moshe Ya'alon, membicarakan hubungan antara Israel dan beberapa negara Arab.

Ya'alon mengindikasikan pihaknya membuka saluran dialog dengan  negara-negara Arab, namun dalam praktek sehari-hari kerja sama tersebut disamarkan, karena banyak pejabat Israel yang tidak mau berjabat tangan dengan pejabat Arab di depan umum karena kondisi politik Israel yang sensitif.

Ya’alon beberapa waktu lalu menentang anggapan tersebut yakni dengan secara terbuka bersalaman dengan Pangeran Arab Saudi, Turki bin Faisal al-Saud. Ya’alon mengemukakan dia sering berbincang dan bertemu dengan banyak pejabat Arab di masa lalu.

Israel menurut berbagai media dikabarkan memiliki hubungan rahasia dengan berbagai negara Arab, meskipun negara-negara tersebut tidak mau mengakui bahwa mereka sebenarnya  menormalkan hubungan dengan Israel hanya saat membicarakan tentang Palestina. (siasat.com/presstv.ir).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home