Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dedy Istanto 19:35 WIB | Selasa, 06 Agustus 2013

Pelayanan Nonstop Operasi Ketupat Menjelang Lebaran

Pos pelayanan operasi ketupat oleh Direktorat Lalu Lintas Kebon Nanas yang berada di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur menjadi tempat untuk memantau laju arus mudik yang menggunakan sepeda motor, Senin (5/8) (Foto-foto : Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Jelang hari raya Idul Fitri, Operasi Ketupat 2013 digelar guna mengantisipasi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik. Setidaknya ada 150 ribu personil gabungan yang terdiri dari unsur Polisi Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemadam kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah dikerahkan untuk menjaga jalannya arus mudik mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran.

Faktor keselamatan menjadi prioritas digelarnya Operasi Ketupat untuk mengantisipasi meningkatnya angka kecelakaan yang terjadi sepanjang masa mudik Lebaran. Kepolisian menyatakan, setidaknya ada 111 pos pengamanan Operasi Ketupat di sepanjang jalur Pantai Pantura dibawah koordinasi Polisi Resor setempat. Pos Operasi Ketupat itu beroperasi 24 jam nonstop.

Pada tahun 2012 angka kecelakaan berdasar catatan Mabes Polri, menjelang mudik Lebaran sampai dengan usai setidaknya ada sekitar 900 lebih korban meninggal. Hal ini sangat memprihatinkan disaat bersilaturahmi malah menjadi petaka. Ini menjadi catatan bagi Pemerintah guna mengevaluasi secara keseluruhan guna mengantisipasi angka kecelakaan pada musim mudik tahun ini.

Pemerintah menyatakan masa mudik Lebaran 1434 Hijriyah tahun ini lebih siap dan lebih baik dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik sebagai bagian dari upaya pelayanan bagi masyarakat.

"Segala persiapan yang dilakukan oleh pemerintah menjelang mudik lebaran sudah dilakukan dengan sangat baik," kata Presiden saat meninjau pemudik di Tanjung Priok, Stasiun Senen, terminal Kampung Rambutan, dan di Posko Mudik Nasional, Senin (5/8).

Tahun ini Pemerintah menyediakan pelayanan mudik gratis menggunakan bis dan truk untuk sepeda motor, kapal laut dan kereta api yang dilsediakan Kementerian Perhubungan. Ditambah lagi dengan adanya program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Partai Politik dan juga perusahaan swasta.

Data BNPB memperkirakan pada tahun ini pengguna kendaraan sepeda motor untuk mudik meningkat sekitar delapan persen hingga 10 persen atau tiga juta unit sepeda motor. Sedangkan jumlah pemudik tahun ini mengalami peningkatan sekitar enam persen hingga delapan persen jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu dengan 1,76 juta unit mobil.

 

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home