Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 13:59 WIB | Sabtu, 21 September 2013

Pemerintah Akan Selenggarakan Hari Nusantara 2013 di Palu

Logo Hari Nusantara. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Indonesia melalui Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Sapta Nirwandar mengatakan, Hari Nusantara akan diselenggarakan  pada tanggal 13 Desember di Palu, Sulawesi Tengah, dengan tema “Setinggi Langit Sedalam Samudra Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara yang Tak Terhingga.”

“Selain memotivasi masyarakat menggali potensi daerah, perayaan Hari Nusantara sekaligus menggerakkan sektor pariwisata dan ekononi kreatif untuk membangun masa depan bangsa,” kata Sapta Nirwandar, seperti disampaikan dalam situs setkab.go.id. 

Sementara itu, sosialisasi event monumental ini  terus dilakukan berbagai pihak termasuk dalam forum Bakohumas yang diselenggarakan pusat komunikasi publik Kemenparekraf  di Hotel Merlyn Jakarta, pada Kamis (19/9) yang lalu. Saat membuka sosialisasi Hari Nusantara di Jakarta, Sapta Nirwandar mengatakan bahwa 80 persen kawasan laut Indonesia belum secara maksimal terkelola dengan baik. Optimalisasi laut sebagai potensi unggulan indonesia serta menjadi sumber ekonomi masyarakat.

“Momentum Hari Nusantara di Palu, Sulawesi Tengah yang direncanakan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diharapkan mampu mengubah cara pandang masyrakat terhadap laut yang dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Wamenparekraf itu.

Menurut agenda, puncak Hari Nusantara 2013 akan diselenggarakan pada Sabtu, 14 Desember. Sejumlah kegiatan menjelang Hari Nusantara akan digelar untuk mendukung sektor ekonomi kreatif berkanjutan, di antaranya: rangkaian budaya, seni musik, fotografi, dan audio visual, serta kuliner. Selain itu diadakan juga Indonesia world underwater, Fishing tournament, pameran ekonomi kreatif, seminar kelautan, tanam bakau, dan bersih laut.

Sebelumnya, pemerintah telah menyelenggarakan Sail Morotai dan Sail Komodo 2013. Selanjutnya, akan digelar kegiatan kebaharian Hari Nusantara 2013 sebagai wujud penghargaan potensi bahari dan pariwisata Indonesia. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home