Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 14:53 WIB | Senin, 02 Mei 2016

Pendiri Tokopedia: Salah Dalam Berbisnis Hal Biasa

Leontinus Alpha Edison dalam acara Peluncuran dan Bedah Buku New Business Model In Digital Age, hari Senin (2/5) di Univesitas Tarumanagara, Jl. S. Parman No.1, Grogol, Jakarta Barat.(Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bila seseorang yang baru terjun ke bisnis  melakukan kesalahan akan fatal, namun di bagi salah satu pendiri Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, melakukan kesalahan adalah hal yang biasa.

“Awal saya menjalankan Tokopedia itu ada beberapa  kesalahan, karena kalau dari diri saya sendiri tidak percaya kalau merasa bisa bisnis internet,   tergantung  investasi dan perspektif kita sendiri tentang bisnis itu,” kata Leontinus Alpha Edison dalam acara Peluncuran dan Bedah Buku New Business Model In Digital Age, hari Senin (2/5) di Univesitas Tarumanagara, Jl. S. Parman No.1, Grogol, Jakarta Barat.

Saat dia kali pertama menjalankan Tokopedia, Leontinus dan rekannya William Tanuwujaya sama sekali belum merencanakan tentang jual beli di internet, dimana pembeli bisa menyepakati transaksi ekonomi dalam internet.

“Saat itu kita berpikir tentang membuat mobile content, kita ngerasa susah bisnis ini karena sepertinya sulit mau dijalani,” dia menambahkan.      

Leontinus mengemukakan saat awal berdiri Tokopedia sempat mengalami kesulitan dan hambatan karena bisnis pemula atau startup belum marak seperti saat ini, masalah selanjutnya yang dihadapi Tokopedia di awal-awal pendirian adalah orang Indonesia masih terbiasa dengan iklan baris dan belum paham tentang virtual store.

Leontinus mengemukakan apabila generasi muda saat ini membutuhkan pengetahuan menjalankan bisnis start up maka dapat melihat dari buku karangan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Sawidji Widoatmodjo yang berjudul New Business Model in Digital Age karena menurut Leontinus dalam buku tersebut memotret dan memantau berbagai jenis usaha dan jenis persaingan industri dalam era digital dewasa ini.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home