Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Yoanes Sahala 19:18 WIB | Kamis, 20 April 2017

Presiden Minta Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Jambi

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Jambi di Kantor Presiden, Jakarta, hari Kamis (20/4). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perekonomian Provinsi Jambi mulai meningkat kembali pada tahun 2016 yang  tumbuh menjadi sebesar 4,47 persen dibanding tahun 2015 yang hanya sebesar 4,2 persen.

Menurut Presiden, momentum peningkatan tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu.

"Saya meyakini tahun 2017 ini dan tahun-tahun mendatang perekonomian Jambi akan bisa tumbuh lebih tinggi lagi secara berkelanjutan," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Jambi di Kantor Presiden, Jakarta, hari Kamis (20/4).

Berdasarkan data yang disampaikan kepada Presiden, perekonomian Jambi utamanya ditopang oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Kepala Negara menginstruksikan agar infrastruktur pendukung pertanian seperti bendungan, saluran irigasi, dan peningkatan teknologi pertanian mulai disiapkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Jambi.

"Di luar itu, untuk meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian daerah, maka perlu segera dikembangkan proses hilirisasi industri. Dengan hilirisasi ini maka antara sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah bisa terhubung dengan pengembangan industri pengolahannya," Jokowi menambahkan.

Dengan dilakukannya hilirisasi industri tersebut, diharapkan tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang turut terdorong, tapi juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan baru sekaligus mengurangi ketimpangan dan kesenjangan.

Sementara itu, agar hasil pertanian yang merupakan sumber pendapatan utama Provinsi Jambi dapat lebih kompetitif, konektivitas antarwilayah dan menuju daerah lain mutlak diperlukan. Untuk itulah pembangunan infrastruktur pendukung transportasi di Jambi diminta untuk segera diselesaikan.

"Saya juga minta dilaporkan mengenai perkembangan pembangunan infrastruktur transportasi di Provinsi Jambi, baik bandara, jalur kereta api, akses jalan, dan pelabuhannya," dia menegaskan. (PR)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home