Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:30 WIB | Sabtu, 31 Januari 2015

Produksi Egg Roll Berbahan Dasar Beras Singkong

Ilustrasi. (Foto: unpad.ac.id)

JATINAGOR, SATUHARAPAN.COM - Berbeda dengan kue egg roll yang saat ini banyak beredar di pasaran, egg roll hasil produksi Kampung Cireundeu di bawah binaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung ini sama sekali tidak menggunakan tepung terigu, sebagai bahan dasarnya. Egg roll ini menggunakan bahan dasar rasi, atau “beras singkong”.

Rasi bukanlah bahan yang terbuat dari campuran antara beras dan singkong, melainkan limbah yang tersisa dari proses produksi singkong menjadi tepung tapioka. Rasi ialah perasan singkong yang dikeringkan, sehingga akhirnya bertekstur mirip beras.

Rasi itulah yang menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwi Gajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Dosen dan peneliti dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Marleen Sunyoto, Ir MP mengatakan, pembinaan pada Kampung Cireundeu mulai dilakukan sejak 2007 sebagai bagian dari kegiatan pengabdian pada masyarakat. Tahun 2008 kemudian mulai dilakukan berbagai penelitian, hingga akhirnya memutuskan egg roll sebagai produk unggulan.

“Awalnya tertarik sekali, kok ada masyarakat adat makanan pokoknya bukan seperti kita. Kita makan nasi, mereka ampasnya singkong,” katanya.

Rasi, telah menjadi makanan pokok masyarakat kampung adat tersebut selama ratusan tahun. Menjadikan rasi makanan pokok, ternyata membuat masyarakat di kampung adat tersebut sehat dan jauh dari penyakit.

“Nah, dari situ kita coba ajak mereka untuk memproduksi lebih untuk kita teliti. Kita buat tepungnya, tepungnya kita buat banyak produksi makanan. Salah satunya yang kita unggulkan adalah membuat egg roll. Itu hasil penelitian mahasiswa,” kata Marleen yang juga menciptakan formula khusus untuk kue tersebut.

Dengan menggunakan rasi sebagai bahan dasar, egg roll ini menjadi kaya akan serat dan memiliki harga yang lebih murah. Egg roll ini sudah mulai dipasarkan pada 2011, termasuk dijual di sejumlah toko kue di Kota Bandung. Konsumen yang berminat pun sudah banyak yang berdatangan ke rumah produksi di Cireundeu.

Dalam hal ini, Unpad ingin memberdayakan masyarakat Kampung Cireundeu, agar dapat mengolah pangan asli daerah tersebut sehingga memiliki nilai tambah dan nilai jual tinggi dengan sentuhan teknologi. “Selain meningkatkan nilai bahan baku dan produknya, kita juga ingin meningkatkan nilai ekonomi masyarakat disana,” kata Marleen. Saat ini, egg roll hasil binaan Unpad ini sedang dalam proses pengajuan HAKI.

Bukan hanya egg roll, tim Unpad juga telah mencoba untuk memformulasikan berbagai hasil olahan pangan lainnya. Marleen pun mengaku masyarakat sudah berhasil mengembangkan hasil olahan pangan lainnya, seperti kue-kue yang dijual untuk bingkisan Lebaran. Egg roll yang diproduksi pun memiliki aneka rasa dan dikemas dalam berbagai ukuran.

“Ini pemberdayaan masyarakat saja. Tidak ada keuntungan bagi kami. Tapi yang paling kita harapkan adalah Unpad punya sesuatu yang sudah diberikan untuk masyarakat yang sangat tidak bersentuhan dengan teknologi,” kata Marleen.

Kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat Unpad, bekerja sama dengan Pemkot Cimahi dalam rangka mewujudkan Desa Wisata Ketahanan Pangan (Dewitapa) di Cireundeu. Berbagai penelitian pun telah dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, termasuk melalui hibah dari Dikti pada PPM Ipteks bagi Wilayah (IBW) tahun 2011.

Sementara itu, Sekretaris LPPM Unpad, Sondi Kuswaryan Ir MS mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi penelitian di Unpad, “Ini merupakan bagian dari strategi LPPM Unpad untuk hilirisasi produk."

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat mewujudkan kedaulatan pangan yang merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Ada tiga pilar utama yang terlibat, yaitu masyarakat adat Cireundeu sebagai inventor, akademisi Unpad sebagai inovator, serta pemerintah sebagai fasilitator dan regulator. (unpad.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home