Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 22:44 WIB | Kamis, 28 November 2013

Profesor Israel Jadi Wapres Baru Projek Sains SESAME

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - ProJek penelitian sains yang berbasis di Yordania yang anggotanya terdiri dari Otoritas Palestina dan Iran memilih seorang warga Israel sebagai wakil presiden, seperti dikonfirmasi kandidat universitas.

Ilmuwan dari negara-negara yang berpartisipasi dalam projek tersebut memilih Eliezer Rabinovici, seorang profesor fisika di Hebrew University Yerusalem, sebagai wakil presiden Synchrotron-light for Experimental Science and Applications in the Middle East (SESAME), kata universitas kepada AFP.

Rabinovici akan bekerja bersama wakil presiden kedua dari Mesir, menurut surat kabar Haaretz, yang tidak memberikan namanya.

SESAME bertujuan untuk membangun sebuah akselerator partikel, yang didasarkan pada fasilitas besar di dekat Jenewa dan dioperasikan oleh European Organisation for Nuclear Research (CERN), di dekat Universitas Al-Balqa sebelah barat Amman.

Rabinovici mengatakan proyek SESAME memungkinkan para ilmuwan di seluruh wilayah untuk berkolaborasi meskipun ada beberapa negara yang terlibat perseteruan.

“Program ini memiliki nilai ilmiah dan juga merupakan platform yang memungkinkan banyak negara di kawasan ini berkolaborasi mencapai tujuan ilmiah,” kata dia.

“Kami bekerja sama untuk mencapai tujuan yang memajukan kepentingan seluruh wilayah... berkat kepercayaan yang dibangun antara kami selama bertahun-tahun dan tanpa tekanan yang mendominasi arena politik,”  kata dia.

Aggota SESAME meliputi Iran, Mesir, Yordania, Otorita Palestina, Mesir, Bahrain, Turki dan Israel serta negara “pengamat” dari Eropa, Inggris, Amerika Serikat dan Jepang, menurut situsnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home