Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:46 WIB | Rabu, 20 Januari 2016

Program Bayi Tabung Secara Alami

Perangkat Ane Vivo akan memungkinkan program bayi tabung pembuahan di dalam rahim. (Foto: bbc.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM – Sebuah klinik kesuburan swasta Inggris menawarkan teknik baru dalam program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Program ini memungkinkan konsepsi terjadi di dalam rahim daripada di laboratorium.

Dokter berharap, membuat program bayi tabung lebih alami, yang berarti kehamilan lebih sehat dan alami.

Klinik Kesuburan Lengkap di Southampton, adalah pertama di Inggris untuk menggunakan metode perangkat Ane Vivo.

Perangkat Ane Vivo adalah kapsul berbentuk tabung kecil yang sarat dengan sperma dan sel telur sebelum ditempatkan ke dalam rahim.

Prof Nick Macklon, kepala klinik, mengatakan bahwa metode ini bukanlah tipuan. Dia mengatakan, “Pada tahap ini kita hanya menawarkan kepada pasien rumah sakit swasta. Namun, jika layanan kesehatan publik di Inggris National Health Service (NHS) ingin menggunakannya, mereka menjadi akan tahu metode ini akan memangkas biaya secara efektif.

"Tapi itu tidak berarti teknologi baru seperti ini tidak dapat diperkenalkan dengan hati-hati. Saya sangat tertarik, bahwa kita mempelajari inovasi baru dalam program bayi tabung"

Teknik ini, yang biaya sekitar £ 700 per paket, telah disetujui oleh pengawas kesuburan Inggris, HFEA.

“Uji coba internasional pada 250 wanita menunjukkan tingkat kehamilan mirip dengan program bayi tabung konvensional, “ kata Prof Macklon.

Metode ini mengurangi lamanya embrio tumbuh, dan disimpan di luar rahim di dalam tabung.

Prof Macklon mengatakan,”Tujuannya adalah memaksimalkan waktu yang dihabiskan di dalam tubuh daripada di laboratorium, manfaat langsung adalah mengurangi paparan. Karena proses pembentukan genetika manusia adalah sangat rentan.

Beberapa studi telah menunjukkan tumbuh embrio dalam sebuah tabung meningkatkan risiko cacat genetik dan kesehatan lainnya.

Namun hal ini belum diketahui, apakah rahim akan juga diterapi untuk tumbuh kembang embrio nantinya.

Meskipun memungkinkan, program bayi tabung terjadi di dalam tubuh, embrio yang dihasilkan masih perlu diperiksa kembali di laboratorium sebelum ditanam kembali (minus perangkat).

Ketika HFEA menyetujui teknologi ini, komite penasihat mengatakan tidak ada bukti perangkat ini akan menjadi tidak efektif atau tidak aman.(bbc.com

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home