Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:36 WIB | Selasa, 21 Februari 2017

Raja Arab Saudi Akan Bawa 25 Pangeran ke Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh beserta rombongannya di Istana Merdeka, Jakarta, hari Kamis (16/2) siang. Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud akan berkunjung ke Indonesia dan rencananya disambut di Istana Bogor, awal Maret mendatang. (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Kabinet Pramono Anung, mengatakan pada tanggal 1 sampai dengan 9 Maret 2017 akan ada kunjungan tamu negara dari Arab Saudi, yaitu Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia.

Kunjungannya tersebut, kata Pramono mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 9 Maret 2017, tetapi kunjungan secara kenegaraan yaitu tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Maret, sedangkan tanggal 4 Maret sampai dengan tanggal 9 Maret 2017 Raja Salman akan ada di Bali untuk beristirahat.

Menurut Pramono, ini adalah kunjungan yang sangat bersejarah bagi Indonesia karena kunjungan Raja Saudi Arabia terakhir ke Indonesia yaitu pada tahun 1970 jadi sudah 47 tahun yang lalu.

“Kunjungan ini akan membawa rombongan terbesar kurang lebih 1.500 orang, 10 menteri, 25 pangeran," kata Pramono Anung dalam konferensi pers di kantor Presiden, Jakarta, hari Selasa (21/2) usai rapat terbatas mengenai kunjungan tersebut.

Pramono mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Republik Indonesia kepada Raja Salman karena ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Saudi Arabia, presiden juga mendapatkan kehormatan tertinggi dari kerajaan Saudi Arabia.

"Ini adalah pertama kali Presiden akan menjemput secara langsung Raja Salman di airport. Kenapa itu dilakukan? Karena ketika presiden Indonesia berkunjung ke Saudi Arabia - kebetulan saya juga mendampingi - presiden dijemput di pintu pesawat oleh Raja Salman," katanya.

Dengan demikian, kata Pramono, hubungan ini adalah hubungan yang sangat dekat, sangat erat, sangat akrab, dan dalam kunjungan ini nanti akan ditandatangani investasi Saudi Arabia di Indonesia aramco di Cilacap senilai USD 6 miliar.

Kemudian juga akan ada project lain yang akan ditandatangani kurang lebih sebesar USD 1 miliar, dan project-project lainnya.

“Tadi bapak presiden mengharapkan bahwa investasi Saudi Arabia ini secara keseluruhan diharapkan bisa sampai dengan USD 25 miliar,” katanya.

“Maka dengan demikian kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini sungguh akan merupakan kunjungan kehormatan bagi bangsa Indonesia dan juga sekaligus menunjukkan keakraban, kereratan antara pemerintah Indonesia dengan kerajaan Saudi Arabia,” dia menegaskan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home