Loading...
INSPIRASI
Penulis: Doni Setyawan 15:17 WIB | Senin, 19 Agustus 2013

SPBU KEHIDUPAN

foto: id.wikipedia.org

SATUHARAPAN.COM – Hampir semua orang mengenal SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) atau Pom Bensin. Saat ini di jalan raya, hampir setiap dua kilometer ada SPBU. Baik di kanan maupun kiri jalan. Namun, meski keberadaan SPBU menjamur, toh masih banyak yang mengantre untuk mendapatkan bahan bakar.

Di dalam area SPBU tak hanya ada bensin atau solar, tetapi juga ada mini market, toilet, pengisian angin gratis, rumah makan, dan tempat istirahat. Dengan segala kelengkapan itu, tak hanya kendaraan yang terpenuhi asupan bahan bakarnya, manusia pun terpenuhi kebutuhannya. Sehingga perjalanan dapat dilanjutkan dengan kesegaran baru—kendaraan juga penumpangnya.

Hidup adalah sebuah perjalanan. Dan dalam menitinya, pastilah manusia mengalami keletihan, kejenuhan, kebosanan, dan kelesuan. Dalam situasi dan kondisi semacam itu, manusia memerlukan asupan. Dalam keadaan seperti inilah ”SPBU KEHIDUPAN” senantiasa dibutuhkan.

Manusia adalah makhluk religius, yang senantiasa terkait dengan Sang Khalik. Manusia, meski kadang tak disadarinya, membutuhkan Allah. Augustinus pun mengakui: ”Engkau telah menciptakan kami bagi Diri-Mu, ya Allahku, dan hati kami tidak tenang sebelum beristirahat di dalam-Mu.” Dalam keterkaitan itulah, manusia sewajarnya menempatkan ibadah sebagai media penyegaran kehidupan.

Jika kendaraan memerlukan SPBU untuk mengisi bahan bakar, maka betapa perlunya manusia mengisi bahan bakar kehidupannya dengan ibadah. Ibadah itulah yang akan menyegarkan kembali semangat dalam melanjutkan hidupnya.

editor: ymindrasmoro

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home