Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 13:55 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

Studi: Kuda Punya Ekspresi Wajah Seperti Manusia

Kuda menggunakan otot wajah yang mirip dengan manusia, dan mungkin manusia dan kuda dapat menggunakan wajah mereka untuk saling berkomunikasi. (Foto: youtube.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Para ilmuwan Inggris mempelajari gambar-gambar dari video tentang kuda dan melaporkan dalam jurnal PLoS ONE bahwa kuda membuat setidaknya 17 ekspresi wajah.

Ahli perilaku hewan, Jennifer Wathan, yang memimpin penelitian ini mengatakan kuda bisa menggerakkan wajah mereka sebanyak yang dapat manusia buat.

"Mereka bisa menggerakkan kulit di atas mata mereka, seperti yang biasa manusia lakukan," kata Jennifer Wathan sebagaimana dikutip voaindonesia.com, hari Jumat (7/8).

Pemilik kuda tahu bahwa kuda adalah makhluk sosial. Emosi mereka seringkali tergambar jelas di wajah mereka seperti manusia. Otot-otot pada wajah manusia memungkinkan manusia membuat sekitar 27 ekspresi wajah yang menggambarkan perasaan seperti marah, cemburu dan senang.

Sebagai perbandingan, simpanse, membuat 13 ekspresi wajah, anjing memiliki 16 tampilan wajah yang berbeda, yang menurut pemilik anjing bisa menunjukkan perasaan bahagia, sedih atau rasa bersalah setelah mencuri makanan di meja.

Indeks lengkap tentang berbagai ekspresi wajah kuda yang disebut dengan Equine Facial Action Coding System, atau EquiFACS, dikembangkan oleh para ilmuwan dari Universitas Sussex, bersama dengan para ilmuwan dari Universitas Portsmouth dan Universitas Duquesne.

Menurut Jennifer Wathan, Kuda juga punya banyak otot di wajah bagian bawah sekitar mulut yang bisa mereka gunakan. Mereka menggunakan mulut mereka untuk mengeksplorasi lingkungan mereka, karena kuku mereka tidak terlalu bermanfaat untuk keperluan itu.

“Tapi mereka juga menggunakan mulut mereka untuk membuat ekspresi wajah, dan kami pikir itu mereka lakukan untuk berkomunikasi, mungkin komunikasi emosional, tapi kita harus melakukan penelitian terpisah terkait hal tersebut," katanya.

Untuk mencatat semua ekspresi wajah kuda para peneliti menonton video kuda-kuda dalam berbagai situasi, termasuk interaksi dengan kuda lain dan dengan dokter hewan.

Jennifer Wathan mengatakan para peneliti ingin mencoba mengaitkan ekspresi wajah kuda pada emosi yang mereka rasakan, dan menemukan apakah kuda bisa mengkomunikasikan perasaan tersebut kepada sesama kuda melalui wajah mereka.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat "apakah kita bisa mendapatkan pendapat kuda tentang informasi apa yang mereka dapatkan dari ekspresi wajah tersebut, apa yang penting bagi mereka dan bagaimana ekspresi tersebut bisa membantu mereka dalam lingkungan mereka," katanya.

Pertanyaan lain yang menarik untuk dieksplorasi adalah apakah kuda bisa menggunakan ekspresi tersebut untuk berkomunikasi dengan spesies lain seperti yang bisa manusia lakukan dan apakah kita dapat memahami mereka.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home