Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 19:30 WIB | Selasa, 24 Januari 2017

Survei LSI: Ahok Unggul Mutlak dari Pemilih Etnis Tionghoa

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (kanan) dan Djarot Saiful Hidayat (kiri). (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA hari Selasa (24/1) ini merilis hasil survei bahwa pasangan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Syaiful Hidayat unggul mutlak dari pemilih etnis Tionghoa dalam Pilkada 2017.

“Di segmen pemilihan Tionghoa, Ahok mutlak unggul di 87,9 persen, sisanya 12,1 persen belum memutuskan. Di pemilihan etnis Indonesia Barat (Medan, Padang, Palembang) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul 34,6 persen, Ahok di tempat kedua dengan 26,9 persen dan Anies 25,6 persen. Di pemilihan etnis Indonesia Timur (Ambon, Papua, Makassar) Ahok unggul dengan 50 persen, Agus 29,2 persen dan Anies 12,5 persen,” k‎ata Peneliti Survei LSI Ardian Sopa di Kantor LSI, Jl. Pemuda No. 70  Rawamangun  Jakarta Timur, hari Selasa (24/1).

Sementara itu, kata Ardian dari segmen pemilih Betawi Agus unggul 40,5 persen, sedangkan Ahok 28,4 persen, kemudian Anies 22,7 persen.

“Di segmen Jawa Agus dan Ahok bersaing, dengan Agus 34,8 persen, Ahok 34,2 persen, Anies 21,1 persen dan di segmen pemilih Sunda, Agus unggul dengan 38,1 persen, kedua Anies dengan 25,4 persen dan Ahok 24,6 persen,” kata dia.

Selain itu, kata Ardian bahwa berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan tanggal 5-11 Januari 2017, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul di pemilih Muslim pendidikan tinggi dibanding pasangan Agus Harimurti Yudhoyo-Sylviana Murni dan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

 “Anies-Sandi unggul di segmen Muslim pendidikan tinggi. Di pemilih Muslim pendidikan universitas Anies-Sandi 34,3 persen, Agus-Sylvi mendapatkan 26,5 persen dan Ahok-Djarot 27,1 persen,” kata dia.

Sementara itu, kata Ardian hari pencoblosan tinggal tiga minggu lagi, berubah atau tidaknya persepsi pemilih Muslim akan menentukan menang dan kalah.

“Ahok akan sangat diuntungkan jika jumlah Muslim yang menganggap ‘Ahok menista agama’ mengecil. Ahok unggul telak di segmen Muslim ini. Sementara Anies berjuang mendapatkan dukungan lebih pemilih Muslim aneka segmen agar ia tidak tersingkir di putaran pertama,” kata dia.

“Keunggulan Agus yang membuat kini di urutan pertama karena ia lebih banyak mendapatkan pemilih Muslim dari spektrum yang lebih luas dan beragam. Namun jika pemilih Muslim Agus berhasil dikikis oleh Anies ini akan berakibat fatal bagi Agus,” dia menambahkan.

Survei terbaru LSI Denny JA dengan tema "Polarisasi Agama, Etnik dan Gender Dalam Pilkada Jakarta " ini dilakukan pada 5 sampai 11 Januari 2017. Survei berdasarkan tatap muka dengan 880 responden.

Responden dipilih melalui metode multistage random sampling dan Margin of Error survei ini plus minus 3,4 persen.

                     

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home