Loading...
DUNIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 23:30 WIB | Kamis, 17 April 2014

Tokoh Oposisi Malaysia Pendukung Anwar Ibrahim Meninggal Kecelakaan

Karpal Singh, tokoh oposisi Malaysia yang baru saja melepaskan jabatannya sebagai Pemimpin DAP (Democratic Action Party). (Foto: malaysiakini.com)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Tokoh oposisi sekaligus pengacara terkemuka Malaysia, Karpal Singh, meninggal dunia, setelah mengalami kecelakaan lalu lintas pada Kamis (17/4) pagi. Tokoh yang pernah mengeluarkan fatwa bagi umat Islam agar tidak mengucapkan kalimat "Rest in Peace (RIP)" kepada seorang bukan muslim itu, meninggal dalam usia 74 tahun.

Karpal Singh mengalami kecelakaan ketika mobil yang ditumpanginya bertabrakan dengan sebuah truk pembawa semen, baja dan ubin, yang berpindah jalur tanpa memberikan tanda-tanda, di dekat Gua Tempurung, Perak, Malaysia. Saat itu Karpal dan putranya sedang menuju ke arah utara Malaysia untuk menghadiri sebuah kasus pengadilan.

Seorang polisi Malaysia, Ng Kong Soon, mengatakan “Singh sedang naik kendaraan bersama empat orang lainnya ketika mobil tersebut bertabrakan dengan truk di sebuah jalan raya.”

Dilansir melalui bernama.com, Singh ditemukan meninggal bersama asisten pribadinya, sedangkan pembantu rumah tangganya yang merupakan warga Indonesia menderita luka parah. “Dua orang lainnya, putra Karpal Singh, Ram Singh, dan sopirnya selamat tanpa mengalami cedera,” Ng Kong Soon menambahkan.

Banjir Belasungkawa

Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Razak, yang tengah berada di Ankara, Turki, menyampaikan ucapan dukacitanya melalui akun Twitter miliknya.

"Saya baru saja mendarat di Ankara, ketika saya mendengar berita bahwa Karpal Singh meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Belasungkawa saya untuk keluarga," ucap Najib dalam tweetnya, seperti dilansir malaysiakini.com.

Puchong Gobind Singh Deo, putra Karpal dan yang merupakan anggota parlemen Malausia, mengumumkan kematian ayahnya dalam pesan di Facebook dan Twitter.

"Karpal memiliki keluarga dan teman-teman yang berada di luar negeri dan kami masih menunggu mereka untuk hadir dalam pemakamannya nanti," Gobind menambahkan.

Sementara itu, Pemimpin oposisi, Anwar Ibrahim mengatakan Malaysia telah kehilangan seorang pejuang keadilan yang tidak pernah lelah. "Kami telah kehilangan seorang kolega. Seorang pejuang keadilan yang tak kenal lelah. Karpal Singh sang legendaris. Belasungkawa tulus kami untuk keluarga, RIP,” ucap anwar, di akun twitternya.

Jasad Karpal akan dikremasi di Ruang Kremasi Sikh, pada Minggu, pukul 11.00 waktu setempat . (malaysiakini.com/bernama.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home