Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 13:54 WIB | Senin, 13 April 2015

Turki Panggil Utusan Vatikan atas Pernyataan ‘Genosida’ Paus

Paus Fransiskus. (Foto: reuters.com)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Turki pada Minggu (12/4) memanggil utusan Vatikan untuk Ankara guna dimintai penjelasan atas penggunaan kata “genosida” oleh Paus Fransiskus dalam menggambarkan pembantaian warga Armenia oleh pasukan Ottoman semasa Perang Dunia I, menurut beberapa laporan yang disiarkan televisi.

Utusan tersebut dipanggil kementerian luar negeri di Ankara, kata jaringan NTV dan CNN-Turki.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut namun berdasarkan beberapa laporan dari media Turki kementerian luar negeri akan merilis laporan resmi mengenai hal tersebut.

Mengutip pernyataan yang ditandatangai Paus John Paul II dan patriark Armenia pada 2001, Paus menggambarkan pembunuhan warga Armenia pada 1915 sebagai “genosida pertama di abad ke-20.”

"Abad lalu keluarga manusia telah hidup melalui tiga tragedi besar yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Paus saat misa  di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Minggu (12/4) untuk menandai seratus tahun pembunuhan Armenia oleh Ottoman.
 
"Yang pertama, Yang secara luas disebut 'genosida pertama abad ke-20', yang memukul orang Armenia," lanjut Paus, mengutip pernyataan yang ditandatangani oleh Yohanes Paulus II dan patriark Armenia di 2001.

Turki selalu menolak keras penggunaan kata “genosida” untuk menggambarkan pembunuhan tersebut dan tidak menunjukkan konsesi apa pun saat perigatan 100 tahun terjadinya tragedi itu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home