Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:30 WIB | Kamis, 26 Oktober 2017

Universitas Kristen Duta Wacana Raih Akreditasi A

Ilustrasi. Universitas Kristen Duta Wacana raih akreditasi A . (Foto: ukdw.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kualitas dan kapasitas Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sebagai sebuah institusi perguruan tinggi, mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini ditunjukkan dengan diraihnya peringkat akreditasi A oleh UKDW. Hal tersebut tertuang dalam Surat Nomor 3290/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017 tertanggal 12 September 2017. Status akreditasi ini berlaku selama lima tahun.

Proses akreditasi yang berlangsung pada bulan Agustus lalu, membuahkan hasil yang maksimal.

Secara umum akreditasi pada institusi ini berbentuk evaluasi dan penilaian terhadap kapasitas institusi di bidang akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen sumber daya manusia, manajemen sistem informasi, penjaminan mutu, serta kerja sama nasional dan internasional. Sementara, penilaian tertinggi yang diterima UKDW menunjukkan upaya kerja keras dan kerja sama yang baik segenap civitas academica UKDW.

Pemerintah, telah memberikan perhatian lebih pada UKDW hingga berhasil mencapai akreditasi A.

UKDW dapat mengikuti proses reakreditasi institusi, karena UKDW dinilai mempunyai kinerja, performa yang bagus, kesiapan, dan kesediaan untuk mengikuti proses reakreditasi. Pada proses reakreditasi ini UKDW mendapat dukungan dari pemerintah berupa lokakarya, pendampingan, maupun saran-saran dalam peningkatan mutu dan manajemen universitas.

Akreditasi “A” ini bukan untuk rektorat ataupun dosen, melainkan untuk kinerja seluruh civitas academica UKDW. Pencapaian akreditasi ini akan memacu UKDW untuk bekerja dan berkontribusi sesuai dengan akreditasi tersebut. Kinerja UKDW akan selalu dipantau oleh pemerintah dan masyarakat, oleh karena itu civitas academica UKDW harus bersinergi untuk terus memperbaiki diri.

Dengan ditetapkannya UKDW sebagai kampus berakreditasi A, maka UKDW menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) keempat dari Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memperoleh penilaian sangat baik tersebut.

Pencapaian luar biasa ini, menjadi lebih bermakna karena pengumuman hasil akreditasi bertepatan dengan Dies Natalis ke-55 Duta Wacana.

Tema Duta Wacana, Bisa Bersama Merayakan Pendidikan Integratif Transformatif, semakin diperkuat melalui status akreditasi institusi A yang diperoleh. Hal ini menjadi kado yang begitu berharga. Hasil akreditasi menunjukkan UKDW merupakan salah satu institusi pendidikan yang mampu menunjukkan kualitas yang sangat bagus, baik dari segi administrasi institut, pengajaran, mahasiswa serta lulusannya.

Tentu saja hasil akreditasi institusi ini bukan merupakan suatu tujuan akhir. Nilai yang berhasil diraih mengindikasikan bahwa proses peningkatan kualitas yang terus menerus dilakukan UKDW membuahkan hasil positif. Proses tersebut akan terus dilakukan secara lebih sistematis sehingga terjadi perbaikan secara berkelanjutan. (ukdw.ac.id)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home