Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 05:50 WIB | Minggu, 15 Mei 2022

1.135 Eks Anggota NII Sumatera Barat Telah Cabut Bai’at

Eks anggota NII Sumatera Barat mencabut bai’at dan menyatakan kesetiaan kepada NKRI, hari Kamis (12/5). (Foto: Humas Polda Sumbar)

PADANG, SATUHARAPAN.COM-Sebanyak 1.134 eks anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Suamtera Barat telah mencabut bai’at dan menyatakan kesetiaannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa, mengapresiasi eks teroris jaringan NII di Sumbar mencabut ba'iat. "Tenggang waktu yang saya berikan sampai 20 Mei, Alhamdulillah sebelum sampai 20 Mei seluruhnya telah mencabut ba'iat," kata Teddy usai menghadiri prosesi cabut ba'iat massal dan pengucapan sumpah setia Jilid III kepada NKRI di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Kamis (12/5).

Teddy menyebut jumlah eks teroris anggota NII yang diketahui Polri berjumlah 1.157 orang. Bertambah 32 orang dari temuan sebelumnya. Di Kabupaten Dharmasraya tercatat sebanyak 391 orang, di Kabupaten Tanah Datar sebanyak 518 orang, dan dari daerah lain 225 orang.

"Seluruhnya yang sudah melakukan cabut ba'iat sejumlah 1.134. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada eks anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa-paksa menyatakan setianya kepada NKRI," kata Teddy.

Para eks teroris NII nantinya akan dibina, diawasi, dan dimonitor bersama stakeholder terkait. Polri juga memiliki tanggung jawab moral dalam hal ini. "Tugas kita para stakeholder tidak selesai sampai di sini, kita tetap memiliki tanggung jawab moral. Kita harus menjadi garda yang terdepan dalam mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home