Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:59 WIB | Sabtu, 09 November 2013

120 Dilaporkan Meninggal akibat Topan Haiyan yang Menerjang Filipina

Dampak terjangan topan Haiyan di Filipina. (Foto: dari bbc.co.uk)
FILIPINA, SATUHARAPAN.COM - Topan Haiyan yang menerjang Filipina Jumat (8/11) kemarin telah menghancurkan kota Tacloban. Haiyan sudah menewaskan sedikitnya 120 orang dan menghancurkan sebagian besar rumah akibat gelombang air bah dan angin kencang, kata para pejabat.
 
Korban tewas dan kerusakan material diperkirakan akan meningkat tajam, sementara petugas penyelamat yang terdiri dari tentara Sabtu (9/11) sempat terhenti oleh badai besar. Topan Haiyan sekarang meninggalkan Filipina dan menuju Vietnam.
 
Pemerintah Filipina dilaporkan kawatir akan jumlah korban tewas yang bisa mencapai ribuan jiwa di pulau Leyte saja.
 
Badai kategori lima melemah setelah menghantam enam tempat di Filipina dan sekarang diturunkan ke kategori empat, meskipun para ahli mengatakan bisa Haiyan dapat menguat lagi di atas Laut Cina Selatan pada jalurnya untuk menerjang Vietnam besok hari Minggu.
 
Pemerintah pusat di Filipina belum mendapat informasi selanjutnya dengan pejabat di Tacloban, kota berpenduduk sekitar 220.000 yang mengalamidampak terburuk dari topan, tapi seorang pejabat senior memperkirakan sedikitnya 120 orang meninggal. (aljazeera.com/bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home