Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 22:08 WIB | Minggu, 03 Juli 2016

125 Orang Tewas, Identitas ISIS Pelaku Bom Baghdad Terungkap

Korban serangan bom bunuh diri ISIS diangkut dari lokasi kejadian di Distrik Kerrada, di Baghdad pada hari Minggu (3/7). Serangan terjadi pada hari Sabtu malam. (Foto: Khalid Mohammed/Associated Press)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Kelompok ekstremis ISIS yang telah dikutuk di seluruh dunia, mengklaim bertanggung jawab atas bom mobil bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 125 orang di Kerrada, Baghdad, pada hari Sabtu malam (2/7) waktu setempat.

Lewat sebuah situs yang berafiliasi kepada organisasi itu, sebagaimana diberitakan oleh iraqinews,com, ISIS menegaskan bahwa pemboman itu dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri dan mengungkapkan identitasnya.

"Pengebom bunuh diri Abu Maha al-Irak meledakkan kendaraannya di al-Karrada di Baghdad tengah."

Kelompok teroris itu juga berjanji untuk melanjutkan 'operasinya' terhadap warga sipil dan pasukan keamanan.

CNN melaporkan sedikitnya 125 orang tewas dan 147 lainnya luka-luka pada hari Sabtu (2/7) tengah malam waktu setempat  di pusat kota Baghdad, menurut polisi.

Sebuah truk pembom bunuh diri melakukan serangan pada jalan komersial yang sibuk di lingkungan Karrada yang dihuni oleh mayoritas kaum Syiah. Ledakan itu membunuh 25 anak-anak.

Bom juga, menurut laporan CNN, menghancurkan sebuah bangunan bertingkat termasuk coffee shop, toko dan gym.

Berbeda dengan CNN The New York Times melaporkan serangan yang terjadi tak lama setelah tengah malam di lingkungan kelas menengah Karrada, menewaskan sedikitnya 80 orang. Menurut laporan itu, ini merupakan serangan tunggal mematikan pertama di Baghdad tahun ini dan merupakan serangan besar pertama di ibukota sejak pasukan Irak merebut kembali Falluja dari ISIS akhir bulan lalu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home