Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 21:28 WIB | Minggu, 03 Juli 2016

Bom Mobil Bunuh Diri ISIS Tewaskan 125 Orang di Baghdad

Korban serangan bom bunuh diri ISIS diangkut dari lokasi kejadian di Distrik Kerrada, di Baghdad pada hari Minggu (3/7). Serangan terjadi pada hari Sabtu malam. (Foto: Khalid Mohammed/Associated Press)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Sedikitnya 125 orang tewas dan 147 lainnya luka-luka pada hari Sabtu tengah malam waktu setempat  di pusat kota Baghdad, menurut polisi sebagaimana dikutip oleh CNN.

Sebuah truk pembom bunuh diri melakukan serangan pada jalan komersial yang sibuk di lingkungan Karrada yang dihuni oleh mayoritas kaum Syiah. Ledakan itu membunuh 25 anak-anak.

Bom juga, menurut laporan CNN, menghancurkan sebuah bangunan bertingkat termasuk coffee shop, toko dan gym.

Lewat akun twitter, kelompok ekstremis ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan.

Berbeda dengan CNN,  The New York Times melaporkan serangan yang terjadi tak lama setelah tengah malam di lingkungan kelas menengah Karrada, menewaskan sedikitnya 80 orang. Menurut laporan itu, ini merupakan serangan tunggal mematikan pertama di Baghdad tahun ini dan merupakan serangan besar pertama di ibukota sejak pasukan Irak merebut kembali Falluja dari ISIS akhir bulan lalu.

Falluja telah di tangan ISIS selama dua setengah tahun, dan banyak orang Irak yang cemas bahwa setelah ISIS akan menyerang balik dengan serangan teror lainnya di Baghdad.

ISIS mengklaim sebagai yang bertanggung jawab atas pemboman dan mengatakan telah melakukan pembunuhan terhadap pertemuan kalangan Syiah.

Kerrada meskipun mayoritas berpenduduk Syiah, merupakan wilayah beragam etnis dan warga Irak dari semua identitas berkumpul untuk melakukan hal-hal biasa: terutama untuk berbelanja dan makan.

Pemboman itu terjadi hanya beberapa waktu setelah ISIS mengklaim serangan terhadap sebuah restoran di Bangladesh yang menewaskan 20 orang

Dan itu diikuti pula oleh serangan bunuh diri yang terkoordinasi di bandara utama di Istanbul yang menewaskan lebih dari 40 orang. Pihak Turki menuduh ISIS yang melakukan pengemboman.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home