Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:34 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

20 Wanita Arab Saudi Raih Kursi dalam Pemilu Bersejarah

Salma binti Hizab al Oteibi meraih kursi di dewan kota di Madrakah, wilayah di kota suci Mekkah, menurut pernyataan ketua komisi pemilihan umum Arab Saudi, Osama al Bar, seperti dilansir Kantor Berita SPA. (Foto: Twitter)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Sedikitnya 20 perempuan Arab Saudi untuk pertama kalinya meraih kursi di dewan perwakilan rakyat daerah tingkat kota setelah mereka memenangkan pemilu bersejarah di kerajaan tersebut, menurut laporan komisi pemilu setempat, hari Senin (14/12).

“Jumlah kandidat perempuan yang memenangkan pemilu kini mencapai 20 orang,” kata Gadei al Qahtani, juru bicara komisi pemilu.

Qahtani mengatakan jumlah tersebut dapat bertambah menjadi 21 karena seorang kandidat pria dan seorang kandidat perempuan meraih jumlah suara yang sama di salah satu distrik, dan pemenangnya akan diumumkan dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Dari total 2.106 kursi yang diperebutkan dalam pemilu pada hari Sabtu pekan lalu, jumlah 20 politikus perempuan di dewan hanya kurang dari satu persen.

Sebanyak 33 persen kursi dialokasikan untuk anggota dewan hasil penunjukan, dan para aktivis menyerukan agar jumlah perempuan di dewan ditingkatkan.

Para pemilih pria dapat memberikan suara mereka dalam pemilu legislatif sejak 2005, namun ini merupakan kali pertama perempuan mencalonkan diri dan memberikan suara mereka. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home