Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Senin, 28 Agustus 2023

2.000 Benda Koleksi British Museum di London Telah Dicuri

Pengunjung di depan Museum d Bloomsbury, London, Inggris. (Foto: AP/Tim Ireland)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Kepala pengawas British Museum mengatakan pada Sabtu (26/8) bahwa museum telah menemukan sekitar 2.000 barang yang diyakini telah dicuri oleh orang dalam, namun mengakui bahwa lembaga berusia 264 tahun itu tidak memiliki semua catatan tentang koleksinya yang sangat banyak.

Ketua pengawas museum, George Osborne, mengakui bahwa reputasi museum telah rusak akibat kesalahan penanganan pencurian, yang memicu pengunduran diri direktur museum dan menimbulkan pertanyaan mengenai keamanan dan kepemimpinan.

Osborne mengatakan kepada BBC pada hari Sabtu (26/8) bahwa 2.000 barang yang dicuri adalah “angka yang masih bersifat sementara” dan staf sedang berupaya mengidentifikasi semua barang yang hilang. Barang-barang tersebut antara lain perhiasan emas, batu permata, dan barang antik berusia 3.500 tahun. Tidak ada satu pun yang dipamerkan kepada publik baru-baru ini.

Dia mengatakan museum bekerja sama dengan komunitas barang antik dan pakar pemulihan seni untuk mendapatkan kembali barang-barang tersebut.

“Kami yakin kami telah menjadi korban pencurian dalam jangka waktu yang lama, dan sejujurnya, lebih banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegahnya,” katanya. “Tetapi saya berjanji kepada Anda: ini adalah kekacauan yang akan kami selesaikan.”

Direktur museum, Hartwig Fischer, mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Jumat (25/8), meminta maaf karena gagal menanggapi peringatan seorang sejarawan seni bahwa artefak dari koleksinya dijual di eBay. Wakil direktur, Jonathan Williams, juga mengatakan dia akan minggir sementara peninjauan atas insiden tersebut dilakukan.

Pada awal tahun 2021, sejarawan dan pedagang seni Inggris-Denmark, Ittai Gradel, menghubungi bos Museum dengan kecurigaannya, tetapi mereka meyakinkannya bahwa tidak ada yang salah. Namun, pada awal tahun ini, pihak museum memanggil kepolisian Metropolitan London.

Museum telah memecat seorang anggota staf dan melancarkan tindakan hukum terhadap mereka, namun tidak ada penangkapan yang dilakukan.

Gradel mengatakan kepada The Associated Press pada hari Jumat bahwa dia menjadi curiga setelah membeli salah satu dari tiga objek yang didaftarkan penjual di eBay. Gradel menelusuri dua barang yang tidak dia beli ke museum. Benda yang dibelinya tidak tercantum dalam katalog museum, namun ia mengetahui benda itu milik seorang pria yang menyerahkan seluruh koleksinya ke museum pada tahun 1814.

Sejarawan mengatakan dia menemukan identitas penjual melalui PayPal. Dia ternyata adalah anggota staf museum yang telah dipecat.

Gradel mengatakan, Williams telah meyakinkannya bahwa penyelidikan menyeluruh tidak menemukan kejanggalan. “Dia pada dasarnya menyuruhku untuk pergi dan mengurus urusanku sendiri.”

Fischer mengatakan dalam pernyataan pengunduran dirinya bahwa “terbukti bahwa British Museum tidak merespons secara komprehensif sebagaimana seharusnya dalam menanggapi peringatan pada tahun 2021.” Dia juga meminta maaf kepada Gradel.

Pencurian tersebut, dan respons museum yang ceroboh, telah menjerumuskan institusi tersebut ke dalam krisis. Museum abad ke-18 di distrik Bloomsbury di pusat kota London adalah salah satu tempat wisata terbesar di Inggris, dikunjungi oleh enam juta orang setiap tahunnya. Mereka datang untuk melihat koleksi mulai dari mumi Mesir dan patung Yunani kuno hingga timbunan Viking, gulungan yang memuat puisi China abad ke-12 dan topeng yang dibuat oleh masyarakat adat Kanada.

Pencurian ini dilakukan oleh mereka yang ingin museum mengembalikan barang-barang yang diambil dari seluruh dunia selama masa Kerajaan Inggris, termasuk dekorasi yang pernah menghiasi Parthenon di Athena dan sembilan benda perunggu dari Afrika barat.

“Kami ingin memberi tahu British Museum bahwa mereka tidak bisa lagi mengatakan bahwa warisan (budaya) Yunani lebih dilindungi di British Museum,” kata Despina Koutsoumba, ketua Asosiasi Arkeolog Yunani, kepada BBC pekan ini.

Osborne, mantan kepala Departemen Keuangan Inggris, mengatakan museum telah meluncurkan tinjauan independen yang dipimpin oleh seorang pengacara dan seorang perwira polisi senior. Dia mengatakan pihaknya juga telah membangun fasilitas penyimpanan di luar lokasi yang canggih sehingga koleksinya tidak lagi disimpan di “ruang bawah tanah abad ke-18”.

“Saya sendiri tidak yakin ada upaya menutup-nutupi secara sengaja, meski hasil peninjauan mungkin menemukan hal tersebut,” katanya.

“Tetapi apakah ada potensi pemikiran kelompok di museum pada saat itu, di bagian paling atas museum, yang tidak percaya bahwa ada orang dalam yang mencuri barang, tidak percaya bahwa salah satu anggota staf melakukan hal ini? Ya, itu sangat mungkin.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home