Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:55 WIB | Rabu, 13 September 2023

2023 Tahun Terpanas Dalam Sejarah Umat Manusia

2023 Tahun Terpanas Dalam Sejarah Umat Manusia
Seorang pengendara sepeda mendaki bukit di hari yang panas saat matahari terbenam, 20 Agustus 2023, di San Antonio. Badan cuaca PBB mengatakan bumi mengalami musim panas terpanas yang pernah terjadi ketika rekor suhu panas pada bulan Agustus menutup tiga bulan yang brutal dan mematikan di belahan bumi utara. (Foto: dok. AP/Eric Gay)
2023 Tahun Terpanas Dalam Sejarah Umat Manusia
Kebakaran hutan melanda ladang dekat pemukiman Pournari, di kawasan Magoula, sekitar 25 km barat daya ibu kota Yunani, Athena, pada 18 Juli 2023. (Foto: dok. AFP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Tahun 2023 kemungkinan akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah umat manusia, dan suhu global selama musim panas di Belahan Bumi Utara adalah yang terpanas yang pernah tercatat, kata pemantau iklim Uni Eropa pada hari Rabu (6/9).

“Melihat kenaikan panas yang kita miliki di permukaan laut, kemungkinan besar tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat,” Samantha Burgess, wakil direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus.

Bumi sedang mengalami musim panas terpanas di Belahan Bumi Utara yang pernah diukur, dengan rekor suhu terpanas pada bulan Agustus yang membatasi musim suhu brutal dan mematikan, menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Bulan lalu bukan hanya bulan Agustus terpanas yang pernah dicatat oleh para ilmuwan sejauh ini dengan peralatan modern, tetapi juga merupakan bulan terpanas kedua yang diukur, setelah Juli 2023, WMO dan layanan iklim Eropa Copernicus mengumumkan pada hari Rabu (6/9).

Suhu di bulan Agustus sekitar 1,5 derajat Celcius (2,7 derajat Fahrenheit) lebih hangat dibandingkan rata-rata era pra industri. Ini adalah ambang batas yang dunia coba untuk tidak lewati, meskipun para ilmuwan lebih mengkhawatirkan kenaikan suhu selama beberapa dekade, bukan sekadar perubahan suhu dalam waktu satu bulan.

Lautan di dunia, yang mencakup lebih dari 70% permukaan bumi, merupakan suhu terpanas yang pernah tercatat, hampir 21 derajat Celcius (69,8 derajat Fahrenheit), dan telah mencapai suhu tertinggi selama tiga bulan berturut-turut, kata WMO dan Copernicus.

“Hari-hari di mana anjing di musim panas tidak hanya menggonggong, tapi juga menggigit,” kata Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, dalam sebuah pernyataan. “Kerusakan iklim telah dimulai.”

Sejauh ini, tahun 2023 merupakan tahun terpanas kedua yang pernah tercatat, setelah tahun 2016, menurut Copernicus.

Para ilmuwan menyalahkan pemanasan global akibat aktivitas manusia akibat pembakaran batu bara, minyak dan gas alam serta dorongan tambahan dari El Nino alami, yaitu pemanasan sementara di sebagian Samudera Pasifik yang mengubah cuaca di seluruh dunia. Biasanya El Nino, yang terjadi pada awal tahun ini, menambah panas pada suhu global, namun lebih parah lagi pada tahun kedua terjadinya El Nino.

Ahli iklim Andrew Weaver mengatakan angka-angka yang diumumkan oleh WMO dan Copernicus bukanlah hal yang mengejutkan, mereka mengeluhkan bagaimana pemerintah tampaknya tidak menanggapi masalah pemanasan global dengan cukup serius. Ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa masyarakat akan melupakan masalah ini ketika suhu kembali turun.

“Sudah waktunya bagi para pemimpin global untuk mulai mengatakan kebenaran,” kata Weaver, seorang profesor di Fakultas Ilmu Bumi dan Kelautan di Universitas Victoria di Kanada. “Kami tidak akan membatasi pemanasan hingga 1,5 derajat Celcius; kita tidak akan membatasi pemanasan hingga 2,0 C. Sekarang kita semua berupaya mencegah pemanasan global sebesar 3,0 C, tingkat pemanasan yang akan mendatangkan malapetaka di seluruh dunia.”

Copernicus, sebuah divisi dari program luar angkasa Uni Eropa, memiliki catatan yang berasal dari tahun 1940, namun di Inggris dan Amerika Serikat, catatan global berasal dari pertengahan tahun 1800-an dan badan-badan cuaca dan ilmu pengetahuan tersebut diperkirakan akan segera melaporkan bahwa musim panas akan terjadi adalah pemecah rekor.

“Apa yang kami amati, bukan hanya kondisi ekstrem baru, namun kondisi yang terus memecahkan rekor ini, dan dampaknya terhadap manusia dan bumi, merupakan konsekuensi nyata dari pemanasan sistem iklim,” kata Direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus, Carlo Buontempo.

Para ilmuwan telah menggunakan lingkaran pohon, inti es, dan perkiraan lainnya untuk memperkirakan bahwa suhu saat ini lebih hangat dibandingkan suhu sekitar 120.000 tahun yang lalu. Dunia pernah mengalami suhu yang lebih hangat sebelumnya, namun sebelum adanya peradaban manusia, lautan jauh lebih tinggi dan kutub tidak sedingin es.

Sejauh ini, suhu harian di bulan September lebih tinggi dibandingkan suhu sebelumnya pada tahun ini, menurut Climate Reanalyzer dari Universitas Maine.

Ketika udara dan lautan di dunia mencatat rekor suhu panas tertinggi, Antartika terus mencatat rekor jumlah es laut yang sedikit, kata WMO.

“Luas es laut Antartika benar-benar berada di luar perkiraan, dan suhu permukaan laut global sekali lagi mencapai rekor baru,” kata Sekretaris Jenderal WMO, Petteri Taalas, dalam sebuah pernyataan yang dirilis kepada media. “Perlu dicatat bahwa hal ini terjadi SEBELUM kita melihat dampak pemanasan penuh dari peristiwa El Nino, yang biasanya terjadi pada tahun kedua setelah kejadian tersebut terjadi.” (AP/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home