Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:08 WIB | Kamis, 04 Mei 2023

258 Juta Orang Alami Kerawanan Pangan Akut Akibat Konflik, Perang dan Perubahan Iklim

Laporan global menyebutkan mereka berada di 58 negara dan situasinya diperparah oleh pandemi COVID-19.
Anak-anak mengalami kekurangan pangan dan gizi. Laporan badan PBB menemukan bahwa jumlah orang yang menghadapi kekurangan pangan akut dan membutuhkan bantuan pangan mendesak telah meningkat selama empat tahun berturut-turut (Foto: dok. AP/Hussam al-Bakry)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari seperempat miliar orang di 58 negara menghadapi kerawanan pangan akut tahun lalu karena konflik, perubahan iklim, dampak pandemi COVID-19 dan perang Rusia di Ukraina, menurut sebuah laporan yang diterbitkan hari Rabu  (3/5).

Laporan Global tentang Krisis Pangan, aliansi organisasi kemanusiaan yang didirikan oleh PBB dan Uni Eropa, mengatakan orang menghadapi kelaparan dan kematian di tujuh negara tersebut: Somalia, Afghanistan, Burkina Faso, Haiti, Nigeria, Sudan Selatan, dan Yaman.

Laporan tersebut menemukan bahwa jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan akut dan membutuhkan bantuan pangan mendesak, 258 juta, telah meningkat selama empat tahun berturut-turut, sebuah “dakwaan yang menyakitkan atas kegagalan umat manusia” untuk mengimplementasikan tujuan-tujuan PBB untuk mengakhiri kelaparan dunia, Sekretaris Jenderal PBB,  António Guterres.

Sementara peningkatan tahun lalu sebagian disebabkan oleh lebih banyak populasi yang dianalisis, laporan tersebut juga menemukan bahwa tingkat keparahan masalah juga meningkat, “menyoroti tren penurunan yang mengkhawatirkan.”

Rein Paulsen, direktur keadaan darurat dan ketahanan untuk Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengatakan interaksi penyebab menyebabkan kelaparan. Itu termasuk konflik, guncangan iklim, dampak pandemi dan konsekuensi perang Rusia di Ukraina yang berdampak pada perdagangan global pupuk, gandum, jagung, dan minyak bunga matahari.

Dampaknya paling parah di negara-negara termiskin yang bergantung pada impor pangan. “Harga telah meningkat (dan) negara-negara tersebut telah terpengaruh secara negatif,” kata Paulsen.

Dia menyerukan “pergeseran paradigma” sehingga lebih banyak dana dihabiskan untuk berinvestasi dalam intervensi pertanian yang mengantisipasi krisis pangan dan bertujuan untuk mencegahnya.

“Tantangan yang kita hadapi adalah ketidakseimbangan, ketidaksesuaian yang ada antara jumlah dana yang diberikan, untuk apa dana itu dibelanjakan, dan jenis intervensi yang diperlukan untuk melakukan perubahan,” katanya.

Kepala baru Program Pangan Dunia PBB, (WFP) mengeluarkan peringatan bahwa sumber daya badan yang berbasis di Roma untuk memberikan bantuan makanan di tengah melonjaknya kebutuhan "hampir habis."

Direktur Eksekutif Cindy McCain mengatakan kepada panelis di sebuah acara untuk mempresentasikan laporan bahwa agensi tersebut dapat dipaksa untuk membuat "keputusan yang memilukan untuk memangkas" bantuan jika pendanaan baru yang substansial tidak terwujud dengan cepat.

McCain mencatat bahwa dia baru saja kembali dari Somalia, di mana, katanya, "jutaan orang tertatih-tatih di ambang kelaparan dan malapetaka." Dia membunyikan nada pedih: "Kita semua tahu tidak harus seperti itu."

Kerawanan pangan akut adalah ketika ketidakmampuan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang cukup, menempatkan kehidupan atau mata pencaharian mereka dalam bahaya langsung.

Komisioner Uni Eropa untuk Kemitraan Internasional, Jutta Urpilainen, mengatakan bahwa strategi blok tersebut untuk melawan kelaparan mencakup inisiatif pendukung yang bertujuan untuk “meningkatkan produksi lokal dan mengurangi ketergantungan pada impor yang tidak berkelanjutan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home