Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:57 WIB | Rabu, 19 April 2023

Akibat Konflik, 48 Juta Orang di Afrika Barat Hadapi Rawan Pangan

45.000 di ambang kelaparan. Ini dampak dari konlik di wilayah itu, pandemi COVID-19 dan keruntuhan ekonomi dan inflasi.
Anak-anak malnutrisi menunggu perawatan di departemen pediatri rumah sakit Boulmiougou di Ouagadougou, Burkina Faso, pada 15 April 2022. Kelaparan melonjak dan menyebar ke seluruh Afrika Barat, dengan sekitar 48 juta orang, tertinggi dalam 10 tahun, menghadapi kerawanan pangan di wilayah yang dilanda konflik, PBB memperingatkan Selasa 18 April 2023. (Foto: dok. AP/Sophie Garcia)

DAKAR, SATUHARAPAN.COM-Kelaparan melonjak dan menyebar ke seluruh Afrika Barat, dengan sekitar 48 juta orang, tertinggi dalam 10 tahun, menghadapi kerawanan pangan di wilayah yang dilanda konflik, PBB memperingatkan hari Selasa (18/4).

Didorong terutama oleh kekerasan serta kejatuhan ekonomi akibat COVID-19 dan inflasi, kerawanan pangan sangat berdampak pada Burkina Faso, Mali, Niger, Nigeria utara, dan Mauritania, kata pejabat PBB pada konferensi pers di ibu kota Senegal, Dakar.

Pejabat PBB mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, sekitar 45.000 orang di wilayah Sahel, hamparan gersang di bawah Gurun Sahara, berada di ambang kelaparan, satu langkah lagi dari kelaparan. Sebagian besar menghadapi tingkat bencana kelaparan, 42.000, berada di Burkina Faso, para pejabat melaporkan.

“Situasinya mengkhawatirkan,” kata Ann Defraye, spesialis nutrisi regional untuk UNICEF di Afrika Barat dan Tengah. “Tahun lalu, kami melihat peningkatan besar (31%) dalam jumlah anak yang dirawat di fasilitas kesehatan dengan kondisi sangat kurus di seluruh Sahel. ... Di banyak daerah, semakin sulit bagi keluarga untuk menemukan makanan bergizi untuk dimakan, terutama di mana komunitas kami berada di bawah blokade.”

Kekerasan terkait dengan kelompok teroris Al Qaeda dan kelompok Negara Islam (ISIS) telah merusak Burkina Faso dan Mali selama bertahun-tahun.

Jihadis telah memblokade lusinan desa di wilayah tersebut, memutus akses ke pertanian dan menebar di  jalan dengan bahan peledak, mempersulit penduduk untuk bergerak bebas dan memaksa lembaga bantuan untuk menerbangkan bantuan makanan, yang biayanya mahal.

Orang-orang yang tinggal di kota-kota terkepung di Burkina Faso mengatakan mereka berjuang untuk bertahan hidup. “Kami tidak punya cukup makanan. Orang-orang makan apa yang mereka dapatkan,” kata seorang penduduk Pama, sebuah kota di timur yang telah diblokade selama lebih dari setahun kepada The Associated Press.

Beberapa kelompok bantuan berhasil menyediakan beras, minyak, dan kacang-kacangan, tetapi perempuan tidak dapat menggiling millet karena tidak ada gas dan orang tidak dapat meninggalkan kota karena dikelilingi oleh para jihadis, kata penduduk tersebut. Dia tidak akan memberikan namanya karena takut pembalasan dari berbicara di depan umum.

Saat warga sipil melarikan diri dari serangan dan militan memperluas jangkauan mereka di Burkina Faso, kelaparan juga menyebar melintasi perbatasan ke negara tetangga Togo dan Benin.

Hampir satu juta orang diperkirakan tidak aman pangan di Benin dan Togo, hampir dua kali lipat jumlahnya dari dua tahun sebelumnya, menurut PBB. Untuk pertama kalinya, kedua negara meminta bantuan kelompok bantuan dalam menangani masuknya orang-orang terlantar dan pengungsi.

“Kami sangat prihatin dengan negara-negara pesisir. Jika tidak cukup dilakukan di Burkina (Faso), risiko meningkatnya jumlah orang yang harus melintasi perbatasan untuk mencari tempat berlindung yang aman atau peluang mata pencaharian karena mereka tidak dapat menggunakan tanah mereka atau ternak mereka diserang akan meningkat,” kata Alexandre Le Cuziat , penasihat darurat senior untuk Program Pangan Dunia (WFP) di Afrika Barat dan Tengah.

“Masih ada jendela pencegahan di negara-negara pesisir, tetapi akan ditutup dengan cepat. Kami melihatnya dari dekat dengan cepat di Sahel,” kata Le Cuziat. Kelompok bantuan, pemerintah daerah dan negara donor perlu mengambil pelajaran dari krisis ketidakamanan di negara lain dan mencoba untuk mengurangi dampak di negara pantai, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home