Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:55 WIB | Selasa, 19 April 2022

32 Negara Ikuti Latihan Pertahanan Siber Yang Digelar NATO

Serangan siber. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Sebuah organisasi siber yang diakreditasi oleh North Atlantic Treaty Organization (NATO) melakukan latihan pertahanan siber "live-fire" yang terbesar dan paling kompleks di dunia mulai hari Selasa (19/4).

Pusat Keunggulan Pertahanan Siber Kooperatif NATO, yang berbasis di Estonia, mengatakan, acara tahunan yang disebut Locked Shields, dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan para pakar keamanan siber dalam mempertahankan sistem IT nasional dan infrastruktur penting di bawah serangan waktu nyata.

Para peserta dikerahkan untuk membantu negara fiksi menangani serangan siber skala besar. Lebih dari 2.000 orang dari 32 negara, termasuk Ukraina, diperkirakan akan terlibat.

Acara Locked Shields tahun ini digelar di tengah perang yang sedang berlangsung di Ukraina, di mana peretasan memiliki peran yang konstan, meski relatif tidak terdengar, dalam invasi Rusia.

Peretas yang disponsori negara Rusia telah dituduh menyerang lembaga pemerintah Ukraina dan berusaha untuk menembus jaringan listrik. Perusahaan Ukraina juga menjadi sasaran serangan siber reguler, menurut pejabat pemerintah.

Pemerintah Ukraina, sementara itu, telah membantu mengorganisir sekelompok peretas yang telah melancarkan serangan siber di Rusia.

Tetapi kekhawatiran tentang serangan siber juga telah menyebar jauh melampaui zona perang. Finlandia melaporkan serangan terhadap situs web pemerintah awal bulan ini, tepat ketika spekulasi meningkat bahwa negara Nordik itu mungkin mengajukan keanggotaan NATO.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah memperingatkan bisnis AS untuk bersiap menghadapi serangan siber pembalasan sebagai tanggapan terhadap sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia.

Di antara peserta tahun ini akan ada lima hingga 10 lembaga keuangan besar, termasuk Mastercard Inc. dan Banco Santander SA, menurut Financial Services

Information Sharing and Analysis Center, atau FS-ISAC, yang membantu merancang sistem virtual agar terlihat realistis dan simulasi serangan pada sektor tersebut.

“Bekerja sama dengan organisasi lain dalam lingkungan yang dilindungi, seperti Locked Shields, kami dapat mengumpulkan wawasan tentang apa yang dilakukan orang lain dan mempelajari secara langsung apa yang berhasil atau tidak, kata Ron Green,” kepala petugas keamanan Mastercard, dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Bloomberg News.

“Ini juga membuka pintu untuk diskusi lebih dalam tentang proses dan peningkatan teknologi yang dapat dilakukan setiap peserta untuk meningkatkan keamanan siber kami secara keseluruhan.”

Steven Silberstein, chief executive officer FS-ISAC, mengatakan latihan semacam itu telah membantu sektor keuangan di masa lalu, membantu merencanakan serangan siber besar dan bahkan dengan kesiapsiagaan pandemi.

Mereka berharga dalam membantu para profesional dunia maya dengan memori, menggunakan buku pedoman dalam situasi kehidupan nyata, dan dengan pembelajaran di mana Anda memiliki masalah dengan pertahanan dan ketahanan, katanya.

Latihan NATO sangat instruktif karena skala dan jangkauan globalnya, dan itu menyoroti saling ketergantungan antara keuangan dan sektor lain, kata Silberstein.

Latihan berlangsung hingga hari Jumat. Pusat tersebut adalah salah satu dari lebih dari dua lusin pusat keunggulan, organisasi militer internasional yang melatih dan mendidik para pemimpin dan spesialis dari anggota NATO dan negara-negara mitra. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home