Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:31 WIB | Minggu, 20 Maret 2022

Kelompok Anonymous Lakukan Sejumlah Serangan Siber ke Rusia

Seorang pengunjuk rasa mengenakan topeng Guy Fawkes, simbol dari kelompok hacktivist "Anonymous", mengambil bagian dalam protes di pusat kota Brussels 28 Januari 2012. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Kelompok hacktivist internasional Anonymous telah meluncurkan serangkaian serangan siber setelah menyatakan "perang siber" terhadap Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebagai pembalasan atas invasi negara itu ke Ukraina, menurut laporan BBC pada hari Minggu (20/3).

“Kolektif Anonymous secara resmi dalam perang cyber melawan pemerintah Rusia,” kata kolektif hacktivist dalam tweet pada 25 Februari, satu hari setelah dimulainya invasi Rusia ke Ukraina.

Peretasan anonim di jaringan TV Rusia menggelitik minat global, menarik jutaan pemirsa setelah membagikan klip video pendek peretasan di akun media sosial mereka.

Video tersebut menunjukkan program normal di TV Rusia diinterupsi dengan gambar bom yang meledak di Ukraina dan tentara berbicara tentang konflik tersebut.

“Kolektif peretasan #Anonymous meretas layanan streaming Rusia Wink dan Ivi (seperti Netflix) dan saluran TV langsung Russia 24, Cannel One, Moscow 24 untuk menyiarkan cuplikan perang dari Ukraina (hari ini),” kolektif tersebut mentweet di samping video pada 7 Maret.

Aksi tersebut terdiri dari semua elemen tipikal peretasan Anonymous: Berdampak, dramatis, dan mudah dibagikan secara online, kata BBC dalam laporannya, menambahkan bahwa seperti serangan siber kolektif lainnya, sulit untuk memverifikasi siapa yang berada di baliknya.

Salah satu kelompok peretas yang lebih kecil dari kolektif mengklaim bertanggung jawab atas peretasan tersebut, pada dasarnya mengambil alih layanan TV Rusia selama 12 menit penuh. Perusahaan Rusia Rostelecom yang menjalankan layanan yang diretas tidak menanggapi permintaan komentar dari BBC.

“Kami akan mengintensifkan serangan di Kremlin, jika tidak ada yang dilakukan untuk memulihkan perdamaian di Ukraina,” kelompok itu mengancam, membenarkan tindakan mereka dengan mengatakan bahwa orang Ukraina yang tidak bersalah sedang dibantai oleh Rusia.

Anonymous juga telah menghapus situs-situs Rusia dan mencuri data pemerintah, termasuk kebocoran database Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia pada 1 Maret.

Seorang mitra di perusahaan keamanan Red Goat Lisa Forte mengatakan kepada BBC bahwa serangan Anonymous sejauh ini "cukup mendasar," tetapi mengakui bahwa peretasan TV "sangat kreatif" dan "cukup sulit untuk dilakukan."

Peretas sebagian besar melakukan serangan DDoS yang melibatkan layanan yang membanjiri permintaan, katanya, cara yang relatif sederhana untuk melakukan serangan dan membuat situs web offline sementara.

Anonymous pertama kali muncul pada tahun 2003 dari website 4chan. Tanpa kepemimpinan, tagline grup adalah 'We are legion', dan secara luas diketahui menargetkan pemerintah, perusahaan, dan organisasi yang dituduh menyensor serangan DDoS.

Grup ini mengoperasikan beberapa akun media sosial, dengan 15,5 juta pengikut di beberapa halaman Twitter saja.

Peretas kolektif juga merusak situs web Rusia dengan menguasainya dan mengubah konten yang ditampilkan, kata Forte kepada BBC. Hingga saat ini, serangan tersebut telah menyebabkan gangguan, tetapi para ahli keamanan siber khawatir tentang kemungkinan eskalasi.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini,” Emily Taylor dari Cyber ​​Policy Journal mengatakan kepada BBC mengacu pada serangan siber yang diprakarsai oleh Anonymous. “Serangan ini memang membawa risiko. (Mereka) dapat menyebabkan eskalasi, atau beberapa secara tidak sengaja dapat menyebabkan kerusakan nyata pada bagian penting kehidupan sipil.”

Kelompok-kelompok waspada di Rusia juga telah meluncurkan serangan siber mereka sendiri di Ukraina, tetapi dalam skala yang relatif lebih kecil.

Sejak Januari 2022, telah terjadi tiga gelombang besar serangan DDoS terkoordinasi terhadap Ukraina dan tiga insiden lain dari serangan "penghapus" yang lebih serius yang menghapus data pada sejumlah kecil sistem komputer Ukraina.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home