Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:25 WIB | Rabu, 11 Mei 2022

44 Mayat Warga Sipil Ukraina Ditemukan di Bangunan Yang Dibom Rusia

Petugas darurat membersihkan puing-puing bangunan yang hancur akibat konflik Ukraina-Rusia, di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina pada 10 April 2022. (Foto: dok. AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Tim penyelamat pada hari Selasa (10/5) menemukan 44 mayat warga sipil di bawah reruntuhan bangunan yang hancur di kota Izyum, Ukraina timur, yang sekarang berada di bawah kendali Rusia, kata gubernur regional.

“Mayat 44 warga sipil ditemukan di Izyum di bawah puing-puing sebuah bangunan lima lantai yang dihancurkan oleh penjajah pada awal Maret,” kata Oleg Synegubov, gubernur wilayah Kharkiv timur, di Telegram.

Meskipun pertempuran terus berlanjut di daerah itu, media lokal mengutip dia yang mengatakan bahwa penduduk telah menemukan korban saat membersihkan puing-puing dari daerah "di mana tidak ada penembakan."

Synegubov tidak mengatakan siapa yang telah memindahkan mayat-mayat itu atau bagaimana mereka berhasil melakukannya mengingat kota itu jatuh ke tangan pasukan Rusia pada 1 April setelah beberapa pekan pertempuran sengit.

Sebagian besar daerah sekitarnya juga berada di bawah kendali Rusia.

Secara terpisah, kantor kejaksaan mengatakan telah membuka penyelidikan atas "pelanggaran hukum dan kebiasaan perang" setelah penemuan itu, dengan mengatakan bahwa 14 mayat telah diidentifikasi.

“Menurut penyelidikan, militer Rusia secara sistematis menembaki Izyum antara 7-10 Maret. Akibatnya, infrastruktur publik dan bangunan tempat tinggal hancur,” katanya di Telegram. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home