Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:01 WIB | Rabu, 04 Mei 2022

Rusia Bombardir Pabrik Baja Azovtal, 101 Warga Sipil Ukraina Dievakuasi

Asap mengepul dari pabrik baja Azovstal di Mariupol, di Ukraina timur, hari Selasa, 3 Mei 2022, akibat serangan pasukan Rusia. (Foto: AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia mulai menyerbu pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, meskipun ada upaya terus-menerus untuk mengevakuasi puluhan warga sipil Ukraina yang berlindung di sana, kata Resimen Azov Ukraina pada hari Selasa (3/5). Dia menambahkan bahwa serangan Moskow menewaskan dua warga sipil dan melukai 10 lainnya.

Sviatoslav Palamar, wakil komandan Resimen Azov Ukraina, mengatakan bahwa Rusia melakukan serangan berat. Dia berkata: “Bom pesawat berat dijatuhkan. Akibat aksi kriminal tersebut, dua orang perempuan sipil tewas. Sekitar sepuluh warga sipil terluka dalam berbagai tingkat.”

“Serangan (sedang berlangsung) dengan dukungan kendaraan lapis baja dan tank, upaya untuk mendaratkan pasukan dari kapal dan sejumlah besar infanteri.”

“Kami akan melakukan segala yang mungkin untuk mengusir serangan itu, tetapi kami menyerukan tindakan segera untuk mengevakuasi warga sipil yang tetap berada di dalam pabrik dan membawa mereka ke tempat yang aman,” kata Palamar.

Batalyon Azov adalah milisi sayap kanan yang sekarang menjadi bagian dari Garda Nasional Ukraina. Serangan Rusia terjadi kira-kira dua pekan setelah Rusia Vladimir Putin menyatakan kemenangan di Mariupol dan memerintahkan militernya untuk tidak menyerbu rencana tetapi untuk memblokade itu.

Itu juga terjadi ketika konvoi pengungsi pertama dari pabrik baja tiba di kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina. Orang-orang Ukraina diizinkan pergi selama gencatan senjata singkat selama akhir pekan, dalam operasi yang diawasi oleh PBB dan Palang Merah Internasional.

Pasukan Rusia Selasa mulai menyerbu pabrik baja yang dijaga kekuatan perlawanan terakhir di Mariupol, kata para pembela Ukraina, tepat ketika sejumlah warga sipil yang dievakuasi dari pabrik yang dibom mencapai tempat yang relatif aman dan diberitahu tentang siang dan malam yang penuh dengan ketakutan dan keputusasaan dari penembakan terus-menerus.

Osnat Lubrani, koordinator kemanusiaan PBB untuk Ukraina, mengatakan bahwa upaya evakuasi selama akhir pekan, 101 orang, termasuk perempuan, orang tua, dan 17 anak-anak, yang termuda berusia enam bulan, dapat keluar dari bunker di bawah pabrik baja Azovstal dan "melihat siang hari setelah dua bulan."

Seorang pengungsi mengatakan dia pergi tidur di pabrik setiap malam karena takut dia tidak akan bangun. “Anda tidak dapat membayangkan betapa menakutkannya ketika Anda duduk di tempat perlindungan bom, di ruang bawah tanah yang lembab dan basah, dan itu memantul dan bergetar,” kata Elina Tsybulchenko, 54 tahun, saat tiba di kota yang dikuasai Ukraina. Zaporizhzhia, sekitar 140 mil (230 kilometer) barat laut Mariupol. (AP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home