Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 09:44 WIB | Senin, 05 Desember 2016

9 Pos Perbatasan Siap Diresmikan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Eko Putro Sandjojo (tiga kanan) didampingi Bupati Belu Willy Lay (kiri ) berpose bersama sejumlah Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 641/Bru saat meninjau pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kabupaten Belu, NTT Selasa, (16/8). Kedatangan Mendes-PDTT ke wilayah perbatasan RI-Timor Leste adalah untuk meninjau pembangunan PLBN Motaain serta dijadwalkan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di tapal batas negara Indonesia tersebut. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sembilan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan diresmikan pada 12 Desember 2016.

Sembilan PLBN yang dibangun oleh Kementerian PUPR sejak 2015 yaitu PLBN Motaain, Motamasin, Oepoli dan Wini di Nusa Tenggara Timur (NTT), kemudian Aruk, Nanga Badau dan Entikong di Kalimantan Barat dan Skouw dan Waris di Papua.

“PLBN Wini, Motaain dan Motamasin di Nusa Tenggara Timur (NTT) rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada 12 Desember 2016 ini,” kata Basuki, di Jakarta, hari Sabtu (3/12).

Pembangunan PLBN tersebut menurut Basuki menjadi salah satu capaian Kementerian PUPR di perbatasan. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa pos perbatasan harus lebih baik dari negara tetangga dan untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

“Sekali lagi, pembangunan PLBN itu bukan untuk gagah-gagahan tapi adalah untuk menciptakan pusat-pusat ekonomi di perbatasan,” kata Basuki.

Sebelumnya bangunan sembilan pos perbatasan itu dianggap tidak layak untuk menjadi pos lintas batas. Kemudian Kementerian PUPR  meratakan pos lama dan membangun baru. Dari sembilan, dua PLBN besar yaitu Entikong dan Motaain sudah mulai pembangunannya pada 2015, sementara tujuh PLBN lainnya baru dimulai pada awal 2016.

Tidak hanya membangun pos perbatasan, Kementerian PUPR juga mengembangan infrastruktur permukiman di kawasan PLBN, seperti pembangunan jalan, drainase, pengelolaan sampah, air minum dan lainnya. (pu.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home