Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:46 WIB | Selasa, 21 Juli 2015

Abe Ingin Pelihara Sumber Daya Laut Jepang

PM Jepang, Shinzo Abe pada acara peringatan Hari Kelautan Jepang. (Foto: japantimes.co.jp).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe  mengumumkan kampanye meningkatkan lima kali lipat jumlah insinyur yang terlibat dalam pengembangan sumber daya laut, karena pemerintah Jepang pada 2030  mewacanakan memperluas pertumbuhan perekonomian di sektor tersebut.

"Para ahli yang akan diberikan oleh materi oleh konsorsium diharapkan memimpin pengembangan sumber daya laut Jepang, membantu negara mengelola sumber daya laut," kata Abe, Senin (20/7) pada  upacara di Tokyo dalam rangka memperingati libur Hari Kelautan nasional.

Abe menambahkan sektor kelautan perlu didukung dengan tujuan mengamankan kepentingan minyak dan gas nasional.   

Abe mengatakan pemerintah akan meluncurkan sebuah konsorsium yang melibatkan industri terkait dan akademisi untuk meningkatkan jumlah insinyur yang terlibat dalam proyek-proyek pembangunan kelautan dari saat ini dari 2.000 menjadi 10.000 pada tahun 2030.

“Di laut, ada sumber daya dan (potensi untuk menciptakan) pekerjaan,” kata dia.

Namun, ia memperingatkan para insinyur tidak terlalu agresif mengejar sumber daya laut. Karena wilayah kerja akan berada di sekitar wilayah sengketa  Laut Cina Selatan,” kata Abe.

Abe menginginkan apabila ada  sengketa harus diselesaikan secara damai berdasarkan hukum internasional. “Tanpa penggunaan kekuatan dan ancaman," Abe menambahkan.

Setelah Abe memberi pidato dia mengunjungi pelabuhan untuk melakukan inspeksi bersama kapal patroli Japan Coast Guard di Koto Ward, Tokyo. Selanjutnya dia  mengamati program taktis Angkatan Laut Jepang di Pelabuhan Tokyo yang berfokus  merebut sebuah kapal dengan teroris di papan. (japantimes.co.jp)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home