Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:43 WIB | Jumat, 13 Juli 2018

Acara Akhir Pekan 14 – 15 Juli 2018

Ilustrasi. Festival musik perkusi, Aceh International Rapa'i Festival 2018, yang berlangsung pada Kamis (12/7) – Minggu (15/7) di Lhokseumawe Aceh. (Foto: .triptrus.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertengahan bulan Juli ini diramaikan oleh beberapa acara festival kebudayaan dari berbagai daerah, antara lain Al Mizan Sufi Music Festival 2018 di Majalengka, Festival Musik Perkusi Aceh di Lokseumawe Aceh, pameran lukisan dan seni grafis di Bali, dan festival batik di Solo .

Tak kalah dengan daerah, akhir pekan Ibukota Jakarta akan diramaikan pertunjukan teater dan beberapa festival kuliner, Jakarta Wedding Festival 2018, juga acara kreativitas anak muda yakni Bekraf Game Prime 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 14 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Perjalanan Panjang Seekor Kuda oleh Teater Tetas

Pertunjukan teater berbasis wayang ini mengambil lakon konflik keluarga antara Dorna, Dewi Wilutama, Aswatama, disampaikan dengan dialog, gerak tubuh, dan musik tradisi yang didekatkan dengan musik masa kini.

Teater Tetas adalah kelompok teater kontemporer di Jakarta yang didirikan pada 1978, oleh Ags Arya Dipayana dan sejumlah aktivis teater lain, di Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta Selatan. Teater Tetas, sering mengadaptasi cerita dari sastra wayang berdasarkan kisah epik Mahabarata yang berkembang ratusan tahun di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menunjukkan pemahaman sejarah budaya tradisi yang penting untuk menyikapi dinamika kehidupan sekarang.

Sejak didirikan sampai sekarang, Teater Tetas aktif berpentas di pusat-pusat kesenian dan tempat lain di seputar Jakarta serta kota-kota lain di Indonesia.

Pada 2012, dan 2016, berkerja sama dengan Prof Werner Schulze, guru besar dari universitas musik dan seni pertunjukan Wina, Austria, Teater Tetas mengadakan tour pentas keliling di Eropa.

Terrace Walk Lippo Mall Puri, Jakarta, Festival Soto dan Kuliner Nusantara

Acara berlangsung pada Rabu (11/7) – Minggu (15/7).

Festival Soto dan Kuliner Nusantara dipersembahkan Tempo Impresario. Nikmati beragam kuliner nusantara, dan hadiah langsung setiap harinya hingga doorprize menarik yang sangat mudah mendapatkannya! Info lebih lanjut ada di @nusantarafest.

Info dan kontak: Whatsapp: 087872172777, Instagram: @nusantarafest, Email: sotosatefest@gmail.com

Expo Hall, Balai Kartini Jakarta, pukul 10.00-19.00 WIB, Bekraf Game Prime 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (14/7) – Minggu (15/7).

Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan IDEA Network dan AGI, siap kembali mencatat sejarah dengan menggelar Bekraf Game Prime 2018. Bekraf Game Prime 2018 bakal digelar selama tiga hari, Business Day pada tanggal 13 Juli 2018 bertempat di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta (tentatif) dan Public Day selama dua hari (14 dan 15 Juli 2018) bertempat di Balai Kartini, Jakarta.

Public Day akan mengusung konsep ekshibisi. Ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh. Showcase dari puluhan developer game Indonesia

Ini saatnya mengenal lebih banyak game buatan developer dalam negeri. Bekraf Game Prime 2018 akan menghadirkan puluhan game keren, yang bisa dimainkan. Bukan hanya itu, bagi yang tertarik untuk terjun di industri game, bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar dari developer game-nya langsung!

Jika sebelumnya sudah mengenal board game dari judul-judul seperti Monopoli atau Ular Tangga, di Bekraf Game Prime 2018 akan ada satu area khusus untuk bermain board game seharian. Judul-judul board game yang dihadirkan pun beragam, ada yang dari developer Indonesia, ada juga beberapa judul board game keren dari mancanegara.

Rasakan pengalaman AR dan VR, menjadi dua teknologi yang disebut-sebut sebagai teknologi game masa depan. Bekraf Game Prime 2018 juga menyediakan VR & AR area khusus. Di area ini bisa bermain game-game VR dan AR, baik yang dibuat developer dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Suka main di arcade center? Bisa ditemukan arcade center versi mini di Bekraf Game Prime 2018, yang merupakan pertama kalinya hadir di event tahunan ini. Ada banyak mesin arcade retro yang bisa ditemukan, yang semuanya akan membangkitkan kembali nuansa nostalgia masa kecil.

Di Artist & Comic Alley, bisa bertemu idola. Bagi para artist, entah komikus, ilustrator ataupun artist game, Bekraf Game Prime 2018 menghadirkan satu area khusus yang menghadirkan banyak artist bertalenta di Indonesia. Kita bisa langsung bertatap muka dan belajar banyak hal dari mereka, atau mungkin juga mendapatkan karya-karya eksklusif mereka.

Area ini cocok bagi yang suka mengoleksi toys dan action figure. Di area ini pengunjung juga akan menemui banyak komunitas dan produsen mainan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mau main game kompetitif dan bawa pulang hadiahnya? Selama dua hari pengunjung bisa menemukan banyak kompetisi eSport di area Bekraf Game Prime 2018. Untuk mengetahui lebih banyak turnamen apa saja yang bakal ada di Bekraf Game Prime 2018, kamu juga bisa pantau terus website resminya.

Game Developer Award adalah penghargaan untuk Kreator Terbaik dalam Negeri. Bekraf Game Prime 2018 akan memberikan apresiasi kepada para developer game Indonesia yang berprestasi. Bahkan beberapa game dan developer paling berprestasi di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karya di luar negeri.

Doorprize: Konsol Game Terbaru!

Ambil tiketnya di bit.ly/bgp2018 Gratis! Info dan  kontak: Telp: 02122803302, Email: contact@gameprime.org, Website: event.gameprime.org

Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Wedding Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (13/7) – Minggu (15/7).

Weddingku bersama Dyandra Promosindo, kembali menggelar pameran pernikahan tahunan yang sudah ditunggu-tunggu segenap calon pengantin dan vendor pernikahan. Jakarta Wedding Festival (JWF) 2018, kali ini mengusung tema “The Day of Happiness”.

Tahun ini Jakarta Wedding Festival 2018 menampilkan 25 kategori pernikahan terlengkap dari Jakarta dan Bali. Tersedia berbagai pilihan venue pernikahan, mulai dari ballroom hotel bintang lima, gedung, dan restoran yang menyediakan tempat resepsi pernikahan. Terdapat juga lebih dari 500 destinasi dan resor bulan madu romantis di dunia dan lebih dari 200 vendor di area tematik Cendrawasih Hall.

Jakarta Wedding Festival 2018 juga didukung oleh 3 brand jewellery besar Indonesia yang menampilkan ribuan pilihan wedding ring, yaitu: Frank & Co., The Palace, dan Miss Mondial, serta kolaborasi desain terbaru wedding ring karya cipta Sebastian Gunawan x Frank & Co., Anne Avantie x The Palace, dan Tex Saverio x Miss Mondial, yang bisa menjadi cincin pernikahan istimewa bagi pasangan pengantin.

Jakarta Wedding Festival 2018 juga menampilkan showcase gaun pengantin dari desainer fashion terkenal Indonesia yaitu preview dari peragaan busana ‘Merajut Nusantara’ oleh Vera Anggraini yang didukung oleh nama-nama terkenal di industrinya seperti: Darwis Triadi, Wiki Lee, Irwan Riady, Adi Adrian, Anpasuha, Ibu Mamiek Hardo, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, untuk menambah semarak, tiga pintu masuk yang didekor penuh inspirasi oleh tiga dekorator pernikahan ternama di Indonesia yaitu Nefi Decor, Elssy Design, dan Eikona Decoration.

Untuk Jakarta Wedding Festival 2018 kali ini, imaji promosi dipercantik oleh kebaya dari Vera Kebaya yang didukung oleh karya foto Darwis Triadi serta tata rias oleh Bennu Sorumba dan tata rambut oleh Anda Arussa.

Info dan kontak: Instagram: @weddingku, Website: jakartaweddingfestival.com

Hall 9 ICE BSD City, Tangerang, Pukul 10.00-22.00 WIB, Harkopnas Expo 2018

Acara berlangsung pada Kamis (12/7) – Minggu (15/7).

Harga tiket masuk: Gratis

Ingin lebih akrab dengan para pelaku usaha terbaik di Indonesia dan mancanegara? Ingin jadi bagian pengembangan sektor ekonomi Indonesia? Atau ingin memperluas relasi bisnis? Datanglah di Kegiatan Nasional Peringatan Hari Koperasi Republik Indonesia yang ke-71 :

Info dan kontak: Telp 1: 08124130459, Telp 2: 08114101500, Instagram: @harkopnas2018

Discovery Shopping Mall, Bali, Discovery Indonesian Food Festival

Acara berlangsung pada Rabu (11/7) – Minggu (29/7).

Tidak perlu jauh-jauh cari gudeg u Djum ke Jogja, atau ke Semarang untuk cari Toko Oen, ke Solo buat nasi liwet Wongso Lemu, atau juga ke Palembang buat Pempek 69. Semua ada di Discovery Indonesian Food Festival.

Menghadirkan 48 kuliner tradisional terenak dari seluruh Indonesia, dengan kuliner tradisional Bali sebagai tuan rumahnya. Buat yang hobi makan atau penghobi wisata kuliner… don’t missed it!

Info dan kontak: Facebook: Discovery Shopping Mall, Instagram: @discoveryshoppingmall

Stadion Sriwedari & Benteng Vastenburg, Solo, Solo Batik Carnival XI 2018

Acara berlangsung pada Rabu (11/7) – Minggu (15/7).

Saksikanlah International Grand Carnaval Event di Kota Solo yang menampilkan karya-karya anak Kota Bengawan dengan kostum, makeup, dan hiasan menggunakan konsep budaya Nusantara nan indah .

Info dan kontak: Instagram: @solobatikcarnival_official

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 9.00 – 21.00 WIB, Pameran Lukisan Duo Wayang Tutup Buka

Acara pameran berlangsung pada Sabtu (14/7) – Minggu (22/7).

Kedua perupa ini, Agus Nuryanto dan Iskandar, mengambil judul “Tutup Buka“ memberi maksud bahwa mereka berdua membuka kembali ingatan catatan sejarah kebudayaan yang tertutup dengan menampilkan lukisan wayang dalam format yang baru.

Terkait dengan pameran ini yang mengambil judul “Tutup Buka“, maka sangatlah relevan di mana kedua perupa ini mengambil catatan sejarah kebudayaan yang ditampilkan dalam format kekinian, cara baru dan media baru.

Iskandar dan Agus Nuryanto, mencoba membuka kembali ingatan kita yang lama tertutup tentang wayang. Lewat tangan mereka, wayang menjadi sangatlah penting dan terhormat karena wayang banyak memberi inspirasi dan gagasan yang baik yang bisa sejalan dengan kehidupan sekarang. Perupa Iskandar dengan menampilkan wayang barunya dengan istilah “wayang uwuh“, karena lukisan wayangnya dari bahan media yang berasal dari barang-barang bekas, baik berupa lukis kaca, lukisan plastik, dan lain-lain. Adapun  perupa Agus Nuryanto menampilkan deformasi wayang purwo dengan wayang beber dipadukan menjadi wayang baru dalam lukisan “wayang jewer.“

Bentara Budaya Bali, pukul 18.30, Pameran Pemenang III Kompetisi Internasional Trienal Seni Grafis Indonesia V Muhlis Lugis, Kemana Harga Diri

Pameran berlangsung 15 – 23 Juli 2018, pukul 18.30 WITA.

M Muhlis Lugis (29) adalah pemenang ketiga Kompetisi Internasional Trienale Seni Grafis Indonesia V 2015 yang digelar oleh Bentara Budaya. Dia mewakili generasi penggrafis terkini Indonesia. Dengan karya cukilan kayunya yang kaya akan detail, kelam, dan peka dalam membangun drama tentang hiruk-pikuk manusia di era global, Muhlis seakan melawan arus utama seni rupa kontemporer yang begitu ringan memadukan berbagai medium.

Muhlis Lugis dilahirkan di Ulo, Sulawesi Selatan dengan latar belakang budaya Bugis, yang dikenal sangat menjunjung tinggi norma adat untuk menjaga harga diri dan martabat hidup. Budaya ini dikenal dengan sebutan Siri, yang berarti budaya malu atau harga diri. Falsafah ini yang mendorong orang Bugis untuk bekerja keras, menjaga martabat dan menjaga norma. Hal ini yang kemudian menjadi landasan berkarya Muhlis.

Ia lewat karya-karyanya yang dominan hitam putih, seakan dengan sangat kuat menggubah cermin bagi kita semua untuk menyadari betapa maraknya degradasi moral terjadi dalam kehidupan kita. 

Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mizan Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, Festivals Al Mizan Sufi Music Festival 2018

Al Mizan memang bukan nama suatu daerah di Indonesia, tapi nama sebuah pondok pesantren (ponpes). Yang menarik, ponpes yang terletak di Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat tersebut sudah akrab dalam pelaksanaan festival seni dan budaya. Setiap tahun mereka menggelar festival yang dijuluki “Festival Al Mizan.”

Berbagai pertunjukan seni dan budaya ditampilkan, mulai dari pergelaran kolosal Wayang Ajen dan Wayang Kulit Indramayu, konser musik tanah liat, parade seni budaya lokal, pergelaran seni santri sampai ritual bakar tanah.

Di tahun ini, Ponpes Al Mizan menggelar Al Mizan Sufi Music Festival 2018, didukung Kementerian Pariwisata. Gagasan berkait festival itu tentunya tak lepas dari pengasuh Ponpes Al Mizan, KH Maman Imanulhaq Faqih, yang lebih akrab disapa Kang Maman. Menurut dia, sebagaimana dikutip media, festival-festivalnya yang lalu itu dimaksudkan untuk menghadirkan spirit Islam yang “Rahmatan Lil Alamin,” yang menebarkan cinta, kasih dan perdamaian. Melalui itu pula, ia juga mengingatkan tentang keberagaman Indonesia.

Festival musik dan pertunjukan yang diadakan oleh Ponpes Al Mizan telah berlangsung satu dekade, dimulai dari tradisi musik Ki Buyut, yang digunakan untuk berdakwah bagi iman yang terbuka, dan kini menjadi festival keberagaman yang aktif dan unik. Dalam festival nantinya akan ditampilkan berbagai aliran musik sufi, juga ekspresi seni dari lintas iman yang memperkaya ekspresi religius berbagai tradisi.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Telepon: +62 22 7273209; +62 22 7103605, Email: disparbud@disparbud.jabarprov.go.id; pariwisatakebudayaanjabar@yahoo.co.id, Situs web: www.disparbud.jabarprov.go.id

Minggu, 15 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Kampung Lawang oleh Sanggar Aktor Cilik Indonesia

Aruk adalah seorang anak yang lahir di tengah keluarga yang miskin, di sebuah kampung di pedalaman Lampung bernama Kampung Lawang, yang dalam masyarakat Lampung mengenalnya dengan kampung gila.

Aruk baik hati, namun ia punya kelakuan yang nakal dan selalu membuat ulah baik di rumah maupun di kampungnya. Polah tingkah Aruk dan ketiga adiknya ini yang membuat kisah ini yang awalnya kocak lalu berakhir dramatik. Pementasan kali ini juga melibatkan para pengajarnya dalam memerankan tokoh di dalamnya.

Sanggar ACI berdiri pada tanggal 20 Juni 2016, di bawah asuhan Ruth Marini (aktor teater, film, dan sutradara teater), yang bertindak sebagai pendiri dan pengajar. Sejak dua tahun berdiri, sampai saat ini sanggar ACI memiliki 42 anggota, dengan rentang usia 3.5 tahun - 15 tahun.

Pertunjukan "Kampung Lawang" ini adalah pertunjukan yang kedua dari sanggar ACI. Sebelumnya mengikuti pertunjukan mewakili anjungan Lampung dan meraih gelar juara terfavorit, juara 3 dan juara aktris terbaik dalam parade teater traditonal se-Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah.

Lhokseumawe, Aceh, pukul 20.00 – selesai, Festival Musik Perkusi, Aceh International Rapa'i Festival 2018 :

Acara berlangsung pada Kamis (12/7) – Minggu (15/7).

Alat musik lama Aceh yang dikenal sebagai "Rapa'i" memiliki sejarah panjang, sebagai merek provinsi yang dihuni oleh mayoritas masyarakat Aceh. Rapa'i adalah alat musik perkusi tradisional Aceh dan banyak digunakan untuk pertunjukan tari, upacara keagamaan seperti pernikahan, khitanan, peringatan dan acara tradisional.

Aceh International Rapa’i Festival merupakan Event Musik Perkusi bertaraf Internasional. Perhelatan ini sebagai salah satu langkah dan komitmen Pemerintahan Aceh, dalam melestarikan kesenian tradisi yang berkesinambungan sebagai Jati Kebudayaan Aceh.

Umumnya kesenian Tradisi Aceh bersifat perkusif, dan dengan alasan tersebut maka Seni Musik Perkusi menjadi item pilihan di kegiatan Aceh International Rapa’i Festival, sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan beragam khasanah Seni Perkusi Aceh ke mata dunia International.

Keseluruhan acara pertunjukan selama 4 hari, akan dimainkan dengan serius dan penuh semangat, sehingga penonton akan terpesona dan tergabung dalam musik. Selain pertunjukan Rapa'i juga ada pertunjukan perkusi musik country lainnya seperti Thailand, Iran, Malaysia dan China. Jadi, ada juga seminar untuk bertukar pengalaman seniman antarnegara untuk memperluas pelaku budaya.

Kontak: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Telepon : (+62 651) 26206, Email : disbudpar@acehprov.go.id

Blok M Square, pukul 10.00-22.00 WIB, Festival Kopi & Kerajinan Nusantara

Acara berlangsung pada Minggu (15/7) – Rabu (18/7).

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Indonesia yang ke-71, Pusat Informasi Perkoperasian Dekopin (PIP Dekopin) bekerja sama dengan Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (Kokopi) mempersembahkan ‘Festival Kopi Dan Kerajinan Nusantara’, dengan tema “From Indonesia To You”.

Festival ini akan dibuka dengan Funwalk 3KM, dan akan memberikan banyak doorprize bagi peserta Funwalk. Meet and greet artis Ibukota serta akan ada kompetisi membuat Brew coffe dan latte art, yang pemenangnya akan beradu kepiawaian dengan pemenang lain dari kota lain di Indonesia.

Harga tiket masuk : gratis, Funwalk: Rp50.000, Coffee Competitions: Rp100.000

Follow juga instagram @PIPevent dan Facebook Fanspage @PIP event untuk informasi selanjutnya.

Info dan kontak: Pitta : 0878-8545-3965, Nia : 0813-8029-9886, Septi : 0821-1142-5777, Ifanto : 0813-8378-7255

Q-BIG, BSD City, Tangerang Selatan, Indonesia, Bee-A-Thon 2018

Lari bagus buat kesehatan. Bee-A-Thon kali ini bukan hanya memberikan keuntungan dari segi kesehatannya tapi juga keseruannya! Yayasan Onkokologi Anak Indonesia juga akan membantu memeriahkan acara kali ini dengan talkshow interaktif mengenai kanker.

Makanan dan minuman yang tersedia di Chill Zone juga bisa dinikmati sambil menyaksikan berbagai pertujukan musik.

Harga tiket masuk: Rp200.000

Dengan harga Rp 200.000, akan mendapatkan race pack yang berisikan baju, drawstring bag, BIB dan air mineral dari Pristine.

Daftar segera di www.beevolfunrun.com dan dapatkan kesempatan memenangkan medali untuk 750 finishers pertama!

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi : Line : @rzg9888k, WhatsApp : 08119005100 (Mahdiyah Basuki) Beeathon@gmail.com

Atrium Revo Town Mall Bekasi, Lt LG, Back to School with Bobo and Revo Town Mall Bekasi

Lomba Mewarnai pada Minggu (15/7) Kategori : Paud/TK, SD kls 1-3, SD kls 4-6

Lomba Kreasi barang/botol bekas Minggu, (22/7) Kategori : SD kls 3-6, SMP kls 1-2, Pukul 11.00 – selesai

Lokasi : Atrium Revo Town Mall Bekasi, Lt. LG Registrasi : Rp25.000  (Goodybag, Majalah Bobo, Kompas & Snack)

Hadiah : Piala Bobo, Uang Tunai & Bingkisan Menarik

Info Pendaftaran & Sponsorship, Wa : 083815256388, 083821691602

Support By : Revo Town Mall Bekasi, Bobo, Kompas, Kamulvit, Event Jakarta

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home