Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:25 WIB | Jumat, 20 Oktober 2017

Acara Akhir Pekan 21 - 22 Oktober 2017

Ilustrasi. Tugu Selamat Datang yang terbuat dari cokelat menyambut Anda di Jakarta ChocotoberFest 2017. (Foto: katalogpromosi.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan pertengahan bulan Oktober ini, akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain pertunjukan musik, beberapa acara kreativitas anak muda yaitu lomba mewarnai topeng, board game playday, festival mobil klasik, pameran webtoon pop-up store, lomba costplay, dan untuk pencinta kuliner beberapa acara kuliner yang saying dilewatkan antara lain festival kuliner mie, dan chocotoberFest 2017. Selain di Ibu Kota juga ada beberapa acara yang menarik dan patut disimak  di Bandung, Yogyakarta, Malang dan Bali.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 21 Oktober

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan Musik Bhineka Tunggal Cinta

Kebhinnekaan adalah hal yang positif dalam membangun kehidupan, tetapi hal ini seringkali masih menjadi rintangan utama dalam hubungan asmara. Curhatan tentang masalah ini menjadi tema di pertunjukan kali ini, disuguhkan dalam format curhatan-curhatan pendengar radio melalui surat-surat ke host radio show. Melalui curhatan-curhatan tersebut, Glenn Fredly & Ifa Fachir bersama Alika, Mytha Lestari, Nina Tamam, Regina, Rheno Pooetiray dan Amelia Ong akan membawakan lagu-lagu ciptaan Glenn Fredly dan/atau Ifa Fachir yang mencerminkan Kebhinekaan dalam hubungan asmara.

Bentara Budaya Jakarta, Pukul 15.30 WIB, Beranda Sastra Reka Cerita dalam Kisah Sejarah bersama Iksaka Banu (Novelis, Peraih Kusala Sastra Khatulistiwa 2014)

Beranda Sastra kembali digelar di bulan Oktober 2017. Kali ini hadir novelis dan penulis cerpen yang intens mengelaborasi kisah-kisah sejarah, Iksaka Banu, untuk membagikan proses kreatifnya dalam mencipta.

Kumpulan cerpennya, Semua Untuk Hindia (Kepustakaan Populer Gramedia, 2014) mengantarkan Iksaka Banu meraih penghargaan Kusala Sastra Khatulistwa 2014 untuk kategori prosa. Kisah-kisah dalam kumpulan cerita pendek ini merespons latar peristiwa sejarah Batavia pada masa pra- dan perjuangan kemerdekaan dituturkan dengan sudut pandang aku orang pertama, yang seakan ingin menegaskan kehadirannya sebagai saksi sejarah atau pelaku dalam pusaran kejadian. Kendati begitu, kita tidak akan menjumpai tokoh-tokoh besar di dalamnya, sebagaimana lazimnya karya sejarah yang memfokuskan pada nama-nama tenar dan penting, kecuali sederetan nama tak dikenal (semuanya fiktif, tentu saja) yang tuturan dan tindakannya terasa mewakili pikiran-pikiran penulisnya atas babakan-babakan peristiwa masa silam tersebut.

Iksaka Banu lahir di Yogyakarta, 7 Oktober 1964 dikenal dengan karya komik dan prosa yang dipublikasikan di berbagai media massa. Dia menyelesaikan pendidikan di Jurusan Desan Grafis, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, serta bekerja di bidang periklanan di Jakarta hingga tahun 2006. Kini dia menjadi praktisi periklanan lepas.  Pada awalnya ia menulis dalam berbagai tema, namun akhirnya lebih memilih menulis cerita berlatar sejarah kolonial. Dua buah cerita pendeknya, Mawar di Kanal Macan dan Semua untuk Hindia, berturut-turut terpilih menjadi salah satu dari 20 cerpen terbaik Indonesia versi Pena Kencana tahun 2008 dan 2009.

@america Pacific Place Jakarta, Pukul 18:30 WIB - 20:30 WIB, Pertunjukkan Musik Electronic Duo from New York: Tarana

Jangan lewatkan improvisasi unik antara jazz dan ritme global dengan sentuhan elektronik. @america memberi prioritas kepada pengunjung yang datang pertama untuk duduk sesuai batasan ruangan yang ada.

Kopi Dome, Jalan Supratman no. 45A Cihapit Bandung, Pukul. 13.00 – 18.00 WIB, Pameran Board Game PlayDay 2017 Oleh Manikmaya Games

Halo warga Bandung dan sekitarnya. Sebentar lagi Indonesia akan unjuk gigi ke pentas dunia. Membawa berbagai judul board game karya anak bangsa ke pameran board game terbesar di dunia, Internationale Spieltage 2017 (SPIEL’17). Terdaftar ada lebih dari 1.100 eksibitor dari 50 negara yang akan mengisi area pameran dan Indonesia menjadi salah satunya. Manikmaya Games bersama Asosiasi Pegiat Board Game Indonesia (APIBGI) akan ikut serta menjadi perwakilan Indonesia di Jerman. SPIEL’17 akan dilangsungkan selama 4 hari dari tanggal 26-29 Oktober ini. Sebelum membawa board game Indonesia ke Jerman. Dalam rangka Road to Essen, Manikmaya Games ingin mengajak masyarakat setanah air untuk terlebih dulu menjajal judul-judul board game terbaik negara ini lewat PlayDay.

Tertarik? Kamu cuma perlu merapat ke Kopi Dome, buat ikutan PlayDay. Dengan harga tiket Rp 25.000/orang kamu bisa memainkan berbagai macam board game yang bakal Manikmaya sediakan, sudah termasuk minuman gratis.

Judul-judul teranyar Manikmaya Games yang sebagian besar masih dalam tahap pengembangan secara khusus bisa kamu mainkan juga di sana. Ada Timun Mas & Buto Ijo yang diangkat dari cerita rakyat dengan judul sama. Cocok dimainkan oleh keluarga dengan putra-putrinya yang berumur 6 tahun ke atas.

Info dan kontak: Info : http://manikmaya.com/playday-21-oktober-2017/, Kontak : isa@manikmaya.com / 089 8712 0785 (Isa)

Gambir Expo, Jakarta Convention Center (JIExpo), Kemayoran, Pukul 10.00-21.00 WIB, Festival Mobil Klasik Jakarta Custom Culture 2017 Old School Vs New School

Jakarta Custom Culture, adalah suatu kegiatan komunitas tahunan yang di prakarsai oleh Jakarta Hotrod & Classic Community, yang merupakan wadah penggemar muscle car, mobil klasik dan modifikasi beraliran hotrod, lowrider dan rat rod. Jakarta Custom Culture membawa budaya custom kendaraan (mobil dan motor), seni dan fashion di Indonesia siap gelar event keduanya di tahun 2017.

Pada gelaran kali kedua ini, Jakarta Custom Culture akan menampilkan berbagai kegiatan menarik yaitu: Old School VS New School Cars & Motorcycle, Jakarta Custom Culture Parade, Jakarta Custom Culture Awards, Indonesian Builder, Riding “Tebus Dosa Emisi”, Rolling Thunder Auction,  Jakarta Custom Culture People’s & Best Custom Car Choice Award,  Art Custom Demo (Pinstripping, Door Art, Lettering),  dan rangkaian hiburan menarik lainnya

Harga tiket masuk Rp 25.000 atau Beli Mercendise MCI sudah gratis tiket acara. Informasi lebih lanjut mengenai silakan kunjungi jakartacustomculture.com.

Info dan kontak: Telp: 021-72784567, Email: info@jakartacustomculture.com, Facebook: Jakartacustomculture, Twitter: @Jakarta_Custom, Instagram: @jakarta_custom_culture, Website: jakartacustomculture.com

Gramedia Taman Anggrek Jakarta, Pukul: 09.00 WIB, Lomba Mewarnai Topeng 3D Artline bersama Gramedia Jakarta

Biaya pendaftaran: Rp 55.000

Kategori kelas 3-6 SD, Waktu lomba 120 Menit, Peserta boleh menambahkan warna dengan produk Artline

Info dan kontak: Telp.: (021) 5699 9488  – CSO, 0888 1903 085 – Dedi.

Vermont Restaurant, Jalan Karangsari No.10, Bandung, Terrarium Workshop Bandung

Apa saja yang dipelajari? Pengenalan dasar mengenai terrarium, Pengenalan dasar perbedaan kaktus & Sukulen, Pemilihan media tanam yang baik, Langkah-langkah merangkai tanaman di terrarium, Belajar mendekor terrarium, Cara merawat terrarium, Praktik membuat terrarium (saat di kelas workshop)

Apa saja yang anda dapatkan? Workshop Modul, Wadah Kaca (Terrarium), Tanaman (Kaktus, Sukulen) & Dekorasi Material (termasuk huruf scrabble dari kayu), Terrarium yang anda buat bisa dibawa pulang (alat tidak di bawa pulang), Cara merawat terrarium, Food & Beverage dari Vermont Restaurant

*Alat & bahan disediakan oleh Luxeova Atelier, Harga tiket masuk Rp 500.000/ person.

Contact Us: Website: www.luxeova.com, mail: workshop@luxeova.com, Line id: @luxeova (with @), Instagram: @luxeova, Facebook Page: Luxeova Atelier

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.30 WITA,  Pertunjukan Film Fete du Cinema D’animation

Pertunjukan pada Sabtu (21/10)- Minggu (22/10)

Sinema Bentara kali ini terbilang tidak biasa, menghadirkan film-film animasi terpilih yang terangkum dalam program Fete du cinema d’animation, buah kerjasama Institut Prancis, Alliance francaise Bali (AF Bali), dan Asosiasi Sinema Animasi Prancis (AFCA), serta Bentara Budaya Bali. Program ini adalah pemutaran khusus di luar Prancis yang telah memasuki tahun ketujuh, sekitar 230 pemutaran diadakan di seluruh dunia, dan khusus di Indonesia digelar di Yogyakarta, Jakarta serta Bali.

Tahun ini, Pusat Kebudayaan Prancis di Indonesia secara khusus menghadirkan film-film animasi yang mengadaptasi komik, novel grafis dan roman serta serial animasi pendek. Khusus di Bentara Budaya Bali akan dihadirkan empat film animasi terpilih peraih berbagai penghargaan internasional, buah cipta sutradara lintas generasi dari Rene Laloux (lahir 1929) hingga Pierre-Luc Granjon (lahir 1973). Film-film yang diputardi antaranya: Planete Sauvage (1973, Durasi: 72 menit), Le Chat Du Rabbin (2011, Durasi : 100 menit); Les Quatre Saisons De Leon (2012, Durasi : 4 seri x 26 menit); Ma Maman Est En Ameriqué, Elle A Rencontré Buffalo Bill (2013, Durasi: 75 menit). Klik lebih jauh untuk program ini: http://www.fete-cinema-animation.fr/

Minggu, 22 Oktober

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Di Balik Topeng oleh Bengkel Tari Ayubulan bersama Pusbitari, Exotica Borneo, Daya Presta

Saat ini belum banyak anggota masyarakat yang mengetahui keberadaan berbagai jenis Topeng di Nusantara, asal muasal dan perkembangannya. Dalam pentas kali ini, selain menampilkan beberapa tari Topeng Bali, Betawi, Sunda dan Dayak, juga diselingi bincang mengenai Tari Topeng dalam bentuk talkshow dan ditutup dengan tari bersama yang ditata oleh Ayu Bulantrisna Djelantik.

Bengkel Tari Ayu Bulan adalah sebuah kelompok tari yang kegiatannya berfokus pada konservasi tari Bali khususnya Legong gaya Peliatan. Kelompok ini dibentuk pada tahun 1994 oleh dr. Bulantrisna Djelantik yang merupakan murid langsung dari Gusti Made Sengog, dan telah menjadi penari Istana Kenegaraan RI sejak kecil. Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi, Bengkel Tari Ayu Bulan terus berusaha menampilkan karya tradisi yang berkolaborasi dengan berbagai disiplin seni lain sehingga memperluas jaringan kros-kultural yang menjadi kunci penting dalam perkembangan kebudayaan saat ini.

Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Pukul 14:00- 18:00 WIB, Pameran Webtoon Pop-up Store 2017

Line  Webtoon adalah sebuah platform penerbitan digital (tersedia di web dan mobile: Android dan iOS) gratis, bagi para pembuat komik baik amatir maupun profesional untuk menampilkan karya terbaik mereka kepada para penyuka komik di seluruh dunia. Dalam acara ini, akan menampilkan webtoonist favorit, juga dapatkan merchandise keren dan lucu, Atau berfoto dengan karakter webtoon favorit

Di Pop-up Store, kamu bisa belanja merchandise webtoon favoritmu & ikutan Signing Event bareng webtoonist-webtoonist dari Indonesia dan Korea.

Jadwal acara: Pop-up Store: 20-22 Oktober 2017, Signing Event: 21 Oktober 2017

Info dan kontak: Facebook: LINE WEBTOO. Twitter: @LOTTE_LOVE_JKT

Mall Taman Anggrek, Jakarta,  Festival Jakarta ChocotoberFest 2017

Acara berlangsung pada Kamis (19/10) – Minggu (22/10)

Memasuki area event, Anda akan disambut patung Tugu selamat datang yang terbuat dari cokelat. Di bawahnya terdapat Diorama Sejarah Coklat yang akan menambah pengetahuan tentang asal-usul cokelat. Aroma cokelat yang keluar dari booth menanti untuk dikunjungi dan dicicip. Lebih dari itu, Anda juga bisa menyaksikan kompetisi Junior Chocolatier, Chocolate Fashion Show, ikut Baking Demo, ikut kelas membuat cokelat, dan Anda juga bisa belajar bagaimana membedakan cokelat asli dan yang bukan cokelat.

Di ChocotoberFest 2017 juga ada kompetisi yang akan membuat Anda tidak mampu berkata-kata. Junior Chocolate Fashion Show Competition. Pecinta dan penggila cokelat serta pengunjung ChocotoberFest akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Para peserta akan merangkai busana yang terbuat dari cokelat dan akan menampilkannya di runway Junior Chocolate Fashion Show Competition.

Harga tiket masuk: gratis

Info dan kontak: Facebook: Chocotoberfest 2017, Instagram: @chocotoberfest2017, Website: chocotoberfest.com

FX Jalan Jenderal Sudirman Senayan , Jakarta Pusat, Pukul 6.00 WIB sampai selesai, Jalan Sehat SDGs Walk for Action Jakarta

Sudah pernah dengar Sustainable Development Goals (SDGs)? Apa kamu peduli dengan SDGs? Ingin tau lebih lanjut tentang SDGs? Yuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan SDGs Walk for Action

Acara ini dimeriahkan oleh Raim Laode (Stand Up Comedian), Mentari Novel* (Top 7 Miss Indonesia 2015 & social activist) dan Institut Musik Jalanan. Selain itu, akan ada jalan santai, pertunjukan musik, photo-booth, face painting, games dan juga door-prize. Acara ini diselenggarakan oleh INFID, Koalisi Perempuan Indonesia dan Oxfam di Indonesia serta didukung oleh Uni Eropa. Biaya pendaftaran: gratis

P.S: Jangan lupa bawa tumbler mu ya! *Bila tidak ada perubahan. #BersamaMenuju2030#SDGsWalk4Action #GERCEP4SDGS#ISupportSDGs #SDGs

Info dan kontak: Cici +62 812-1052-202

UG Floor Plaza Semanggi, Jakarta, Festival Kuliner Noodle Festival Plaza Semanggi

Acara berlangsung pada Kamis (19/10) – Minggu (22/10)

Plaza Semanggi mempersembahkan Noodle Festival. Di acara kuliner ini kamu bisa menemukan berbagai masakan berbahan dasar mie yang lezat.

Info dan kontak: Telp: 021-5275878, Facebook: Plaza Semanggi, Twitter: @PlazaSemanggi, Instagram: @plaza_semanggi

1st Floor, Lippo Mall Puri, Jakarta, Pameran Hewan Piaraan Freakin’ Pets,

Acara berlangsung pada Senin (9/1) – Minggu (22/10)

Untuk kalian para pencinta binatang, jangan lupa untuk datang ke Freakin’ Pets di Lippo Mall Puri. Freakin’ Pets akan menghadirkan beberapa kegiatan seru seperti lelang hewan, gathering, edukasi, games, band dan kegiatan lainnya tentang hewan peliharaan.

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Puri, Twitter: @LippoMallPuri, Instagram: @yourlippomallpuri, Website: lippomallpuri.com

Hall Lantai 2, Lippo Plaza Batu Malang,  Kota Batu Expo 2017 INPARDA

Acaraberlngsung pada Kamis (19/10) – Minggu (22/10)  

Kunjungi dan saksikan pameran Kota Batu Expo 2017 : “INPARDA”, Pameran Skala Nasional Bidang Investasi, Pariwisata dan Perdagangan. Menampilkan: Peluang Investasi, Informasi Pariwisata, Kerajinan, Batik, Fashion, Bordir, Makanan & Minuman Olahan, Aneka Furniture.

Dimeriahkan oleh: Gelar Seni Budaya Daerah, Freeletic, Lomba Mewarnai Dewasa,  Lomba Mewarnai Anak anak, Seminar & Talkshow Enterpreneur, Live Music, Fashion Show

Info dan kontak: Facebook: Lippo Plaza Batu (Batos)

Atrium Plaza Renon, Denpasar, Bali, Lomba COSUNITE 2017 - Cosplay's Got Talent

Daftar acara: Cosplay’s Got Talent, form & rules : bit.do/cosunite6th, Cosplay Parade, Accoustic Band, Haru No Ame, Hitotsu, White Cherry, Take Cosplay Out #2, Meet & Greet with Kailareina

Harga tiket masuk (HTM) 1 tiket M&G : Rp.30.000, HTM 2 tiket M&G : Rp.50.000, Guest Cosplayer : @Kailareina (Jakarta)

Tempat penjualan tiket : Eternia Cafe and Lounge (Jl. Tukad Batanghari No.18 A Denpasar), Momovio Store (Jl. Gadung No.43 Denpasar). Biaya pendaftaran: gratis.

Info dan kontak: Telp: 087862080417 (Jojo), Facebook: XOXO Management

Pendopo Royal Ambarrukmo, Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, Festival Taste of Harmony 2017

Acara berlangsung pada Jumat (20/10) – Minggu (22/10)

Temukan kegiatan menarik tentang makanan, fashion dan seni hanya pada Taste of Harmony di Plaza Ambarrukmo.

Acara:  FoodTruck, Iconic Traditional Performance, Exhibition (Food, Art, Dance), Gowes Jelajah Nusantara, Gelar Budaya UKDW : “Harmony in Diversity”

Info dan kontak: Facebook: Plaza Ambarrukmo, Twitter/Instagram: @plazaambarrukmo, Website: plaza-ambarrukmo.co.id

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home