Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:02 WIB | Jumat, 02 Maret 2018

Acara Akhir Pekan 3 – 4 Maret 2018

Ilustrasi. Tari Bedaya Luluh, salah satu tari kreasi baru yang melengkapi varian dari tariklasik gaya Yogyakarta, Jaya Suprana School Of Performing Arts, akan menyelenggarakan Festival Festival Tari Bedhayan 2018 pada Minggu (4/3) di Gedung Kesenian Jakarta. (Foto: zabhie.site)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di awal Maret ini akan diramaikan berbagai acara, antara lain, pertunjukan wayang, Pesta Budaya Aceh, Pergelaran Budaya Betawi, Festival Budaya Korea, festival tari, dan berbagai festival kuliner, yang digelar baik di Ibu Kota, Bandung, juga Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 3 Maret

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Wayang Rubah Lost In Puppets oleh Rubah di Selatan

Rubah Lost In Puppets adalah sebuah pertunjukan yang menggabungkan pertunjukan musik dan pertunjukan wayang. Berangkat dari karya Rubah di Selatan, band yang beranggotakan 4 orang, Mallinda, Gilang, Adnan, dan Ronie, mempercayai ada jarak antara tradisi dan keadaan zaman sekarang. Mereka juga mempercayai, mereka juga bagian dari jarak tersebut.

Rubah di Selatan, menjadi sebuah usaha untuk mengikis hal tersebut, sembari menuangkan apa yang mereka rasakan melalui dunia yang mereka sukai yaitu musik. Berbekal lagu-lagu yang bertemakan tradisi dan kearifan lokal pada umumnya, Rubah di Selatan ingin menciptakan sebuah pertunjukan yang lebih dari sekadar pertunjukan musik biasa. Lalu tercetuslah ide untuk berkolaborsi dengan wayang. Mewayangkan konser, dan mengkonserkan wayang.

Rubah di Selatan hadir nyata di dalam pertunjukan sebagai sebuah bentuk harapan untuk mengajak semua kembali mengingat keistimewaan tradisi kearifan lokal yang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai generasi penerus bangsa. Rubah Lost in Puppets oleh Rubah di Selatan merupakan salah satu peserta Ruang Kreatif.

@america Pacific Place, pukul 18.30 – 20.30 WIB, Empowered Women Empower Women

Bernyanyilah bersama Voxcom Femme untuk merayakan kekuatan wanita. Nikmati lagu-lagu mereka yang baru diatur dari penyanyi wanita yang ikonik, seperti Kelly Clarkson, Jordin Sparks, Christina Aguilera, dan masih banyak lagi!

Gramedia World BSD City, Bazaar Gramedia Imported Books Sale 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (3/3) – (31/3)

Harga buku mulai dari Rp25.000

Info dan kontak: Instagram: @eventgramediabsd

Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Gelar Budaya Aceh 2018 – Bandung

Harga tiket masuk Rp25.000

UKA ITB mempersembahkan ‘Gelar Budaya Aceh 2018’

Rangkaian acara: ‘Night Bus: Aceh and Tsunami’ menampilkan pemutaran film tentang Aceh dan tsunami, ‘Pameran Gelar Budaya Aceh 2018’ menyuguhkan pameran kuliner, kerajinan, dan foto tsunami Aceh, Main Event ‘Malam Budaya Gelar Budaya Aceh 2018' menampilkan tarian Aceh, drama bertema tsunami, serta pameran kerajinan Aceh dan foto tsunami Aceh.

Online ticketing: bit.ly/BeliTiketGBA, CP/ID Line : 085361430343/cutrifadlia (main event), 085277711669/jvavaza (pameran kuliner): bit.ly/POKulinerAceh

Follow Us! Line: @vzr1480c, Instagram: gba2018, Facebook: Gelar Budaya Aceh 2018

Lippo Supermall Karawaci, pukul 10.00-22.00 WIB, Moslem Travel Fair 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/3) –Minggu (4/3)

Menyediakan informasi travel umroh dari 80 travel amanah, gratis air zamzam 2000 botol setiap hari, gratis 1000 pashmina setiap hari. Bisa mendapatkan informasi paket umroh hemat, eksklusif dan wisata halal sesuai keinginan.

Info dan kontak: Instagram: @moslem.travelfair

Grand Atrium, Food Society and Mosaic Walk, Kota Kasablanka, Jakarta, Pameran Kuliner Japan Healthy Lifestyle Exhibition 2018

Acara berlangsung pada Jumat (3/3) – Sabtu (4/3)

Kesempatan terbuka untuk merasakan semua fasilitas Jepang seperti makanan sehat, olahraga dan kecantikan.

Info dan kontak: Facebook: Kota Kasablanka, Twitter & Instagram: @kotakasablanka

Bintaro Jaya Exchange, Tangerang, pukul 14.00 WIB, Festival Musik BXc Love Festival 2018

Harga tiket masuk: Rp50.000

BXc Love Festival kembali beraksi, nikmati waktu bersama teman tersayang pada  #BXcLoveFestival2018, yang dipersembahkan oleh Bintaro Jaya Xchange Mall.

Penampilan special, Tulus dan Hivi.

Bergabung dan beraktivitas bersama: Workshop, Live Doodling, Menanam Di Pot Bekas, Menghias Caping, Competition, Kidz Fashion Contest, Doodle, Instagram Photo Contest, Bazaar, Unique Stuff, Food Truck, Mini Zoo

Harga tiket masuk: Rp50.000 

Info dan kontak: Telp: 08161899089 (Abe), Email: lovefestival.gp@yahoo.com

Mal Kelapa Gading 5 Lantai 3, Jakarta,  Festival Kuliner Parade Masakan Nusantara – Eat and Eat Mal Kelapa Gading.

Acara berlangsung pada Sabtu (24/2) – Sabtu (24/3)

Ikuti Parade Masakan Nusantara di #EatandEat mulai tanggal 24 Februari-24 Maret 2018 di MKG 5 lantai 3. Ada banyak jenis masakan yang tersedia.

Daftar Kuliner: Nasi Gudeg, Mie Celor Palembang, Nasi Gandul, Nasi Bali, Ayam Kalasan, Ayam Taliwang, Nasi Kapau, Lontong Medan, Nasi Kucing, Pecel Madiun Babeh dan lain-lain

Info dan kontak: Facebook: Eat and Eat, Instagram: @eatneatindonesia

Paris Van Java, Jl Sukajadi 137 -139, Bandung, Pesta Durian dan Alpukat – Paris Van Java

Acara berlangsung pada Jumat (2/3)- Minggu (4/3)

Setelah Festival Durian pertama yang sukses, sekarang kita kembali dengan berbagai jenis durian seperti Bawor, Petruk, Podang Mas, Dila, Surti, Medan, Lay dan Rancamaya. Tersedia juga  Alpukat Mentega dan Manggis!

Info dan kontak: Facebook: Paris Van Java, Twitter: @pvjbandung, Instagram: @pvjofficial

Sepanjang Jl Delman Rw 11 Kel Kebayoran Lama Utara Kec Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Pergelaran Budaya Betawi Kaltara Festival – Jakarta

Acara berlangsung pada Sabtu (3/3) – Minggu (4/3)

Agenda acara: lomba kreasi anak, Pentas Tari Betawi, Pentas Silat Betawi, Pertunjukan musik Band Betawi, Parade Ondel-ondel, Lomba Busana Nusantara, Gambang Kromong, Lenong Betawi.

Info dan kontak: https://arisipromobazaar.wordpress.com, Rani 0852 8683 2048/021-84597874

The Hall 8th Floor, Senayan City, Jakarta, Festival Sepatu Sneaker BCA Jakarta Sneaker Day 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/3) – Sabtu (3/3)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA), sebagai bank andalan masyarakat yang selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik di beragam segmen, kembali menggelar satu acara tahunan untuk para pencinta sneaker bertajuk ‘BCA Jakarta Sneaker Day 2018’.

Acara ini merupakan salah satu fokus BCA dalam melengkapi kebutuhan para nasabah khususnya generasi millenials. ‘BCA Jakarta Sneaker Day 2018’ akan digelar 3 hari, dengan tema “Back to the Roots!”.

Akan tampil musisi nasional untuk menghibur penonton dalam genre musik yang terkait dengan budaya sneaker. Yacko, Mardial, Ramengvrl, A. Nayaka, Gbrand, tuantigabelas, RROB.

Untuk informasi dan pembelian tiket masuk silakan kunjungi jakartasneakerday.com. Follow juga IG: @jakartasneakerday untuk update seputar acara

Info dan kontak: Instagram: @jakartasneakerday, Website: jakartasneakerday.com

Tunjungan Plaza Surabaya, pukul 10.00 – selesai, Korea Festival 2018 Tunjungan Plaza Surabaya

Acara berlangsung pada Jumat (2/3) Minggu (4/3)

Korea Festival 2018 yang berlangsung di Surabaya menampilkan rangkaian konten seru mulai dari pameran wisata ke Korea, k-beauty dan k-food demo, k-pop cover dance hingga non-verbal performance serta penampilan artis Korea dan Indonesia akan siap menyempurnakan liburan kalian!

Info dan kontak: Facebook: Korea Tourism Organization Indonesia Office, Twitter: @ktojakarta, Instagram: @ktoid, Website: visitkore.or.id

Vallet Parking Novotel Mangga Dua Square, Jakarta, Waroeng Aneka Sate Mangga 2 Square

Acara berlangsung pada Jumat (2/3) – Minggu (4/3)

Bagi penggemar makan sate jangan lewatkan event ini, karena akan ada banyak pilihan sate-sate favorit, mulai dari Sate Kelinci dan Sate Maranggi Mas Narno Lembang, Sate Sapi Pak Kempleng Ungaran, Sate Padang Petak IX Glodok Pancoran, Sate Sosis dan Bakso Bakar, Sate Biawak dan Ular, Sate Ikan Marlin/Cumi/Sapi Garo Warung Manado, Sate Taichan, Sate Ayam Udin Kelana Sambas, Sate Kikil Bu Icih, Sate Copot Bu Meslek: Kambing Muda dan Ayam Tanpa Kulit Rawamangun dan masih banyak lagi.

Info dan kontak: Telp: 021-62313000, Facebook: Mangga2Square, Instagram: @mangga2square

Parkir Rooftop ITC Depok, Bazaar Clothfest Depok 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/3) – Minggu (4/3)

Bazaar pameran industri kreatif orang muda (clothing distro, fashion, kreasi seni, sport, kuliner dan lain-lain). Gratis masuk keliling area expo bazaar. Tiket masuk area panggung hiburan Rp20.000.

Dibuka kesempatan: sewa booth/stand, kerja sama sponsorship, perform band/seni lainnya

Info dan kontak: Whatsapp: 087878123223, Instagram: @clothfest

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 19.30 WIB, Pertunjukan Puisi dan Musik Puisi Nger-Rock

Bersama Yudhistira ANM Massardi, Renny Djajoesman, Yuka Mandiri, Halida Wibawaty, Gema Isyak, Gandhiasta (Uniloka), Jalu Setya Nugraha, dan Fajar Merah.

Puisi sebagai karya sastra memiliki banyak cara ungkap pada publik pembaca, mulai dari pembacaan puisi, musikalisasi puisi, hingga merespons puisi lewat teater. Beragam cara ini akan memudahkan kita menafsirkan puisi yang ada, tentu hanya si pengarang yang lebih tahu isi dan maksud dari sebuah puisi.

Yudhistira Massardi, penulis prosa, wartawan dan juga penulis puisi akan membacakan serta melakukan musikalisasi puisi di Balai Soedjatmoko tanggal 3 Maret 2018. Yudhistira lebih dikenal dengan novelnya yang berjudul Arjuna Mencari Cinta, menulis sejak SMA Yudhistira menyadari potensinya sebagai penulis, hal itu yang kemudian mendorong dirinya untuk menekuni dunia menulis, aktivitas menulis tidak semata sebagai sastrawan, namun juga menjadi wartawan di berbagai media.

Dalam pementasan di Balai Soedjatmoko kali ini Yudhistira mengajak penyanyi dan pemain teater Renny Djajoesman, selain itu Yudhistira juga mengajak serta Soloensis, sebuah grup musik dari Solo yang pernah melakukan musikalisasi puisi-puisi Yudhistira sebelumnya.

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 09.00 – 21.00 WIB, Pameran Seni Fotografi Walking Home and Killing Pain – Study Cahaya#1

Pameran berlangsung: Sabtu (3/3) – Sabtu (10/3)

Talk Show: Peran Fotografi di Tengah Ingar Bingar Visual bersama Dwi Oblo (Kontributor Natgeo Indonesia), Rahmad Azhar  H. (Fotografer Natgeo & Fotokita), Peluncuran Buku Foto & Pemutaran Film Dokumenter Tirtamaya oeh Rahmad Azhar H. (buku Foto), Wiwid Septiyardi (Video)

Workshop: Senin (5/3) Pukul 15.00 WIB  – selesai Handphone Photography bersama Indra Bayu (Redlabel Independent), Documenter Videography bersama Wiwid Septiyardi pada Selasa (6/3), Pukul 15.00 WIB – selesai.

Minggu, 4  Maret

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari SOSAK oleh Malaydansstudio

SOSAK adalah sebuah interpretasi fisikal tentang ketidakberdayaan manusia untuk menjaga keharmonisan manusia dan alamnya. Akibat ulahnya dan konsekuensinya, karya tari yang merujuk eksplorasi ragam gerak tari Melayu ini, mencoba sekali lagi mengingatkan bahwa ulah kita sebagai kolaborator utama untuk keseimbangan makhluk ciptaan-Nya menjadi penentu atas kelegaan dari sesaknya napas dan sesaknya ruang hidup untuk kita semua.

Riyo Tulus Pernando adalah seorang penari yang dahulu mengenyam pendidikan di Program Studi Seni Tari Minat Bidang Koreografi Institut Seni Indonesia Surakarta. Ia telah menjadi asisten koreografer untuk Eko Supriyanto dan pernah menjadi penari untuk Hiroshi Koike di Jogjakarta dan Jakarta.

Gedung Kesenian Jakarta, pukul 16.00 – Selesai, Festival Tari Bedhayan 2018 oleh Jaya Suprana School Of Performing Arts

Dalam rangka turut serta melestarikan dan mengembalikan tari Bedhayan, Jaya Suprana School of Performing Arts bersama Yayasan Swargaloka mempersembahkan karya tari tradisi Jawa nan agung dalam kemasan acara  "Festival Tari Bedhayan 2018".  Festival ini akan diikuti oleh 12 peserta dari kelompok/komunitas/sanggar tari yang akan menyajikan tarian yang sudah ada dan tarian baru dalam bentuk Bedhayan.

Festival Bedhayan tersebut nonkompetisi dengan menghadirkan pengamat pakar tari untuk memberikan catatan dan pembinaan agar jenis tarian Bedhayan dapat berkembang dengan baik dan benar.

Sebagaimana kita ketahui bawa tari Bedhayan merupakan tarian klasik yang sangat tua usianya dan merupakan kesenian asli Jawa yang ditarikan oleh para wanita. Tari Bedhayan ditarikan oleh sembilan penari yang memiliki makna dan fungsi dan tarian ini bersifat sakral dan berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan kebesaran raja.

Adisutjipto Military Base, Yogyakarta, pukul 6.00 – 10.00 WIB, Lomba Lari Adisutjipto Urban Obstacle Run 2018

Biaya pendaftaran: Race Run 5K: Rp200,000, Race Run 10K: Rp250,000, Obstacle Run – Group (4 persons): Rp1.200,000, Obstacle Run – Individual: Rp400,000

Adisutjipto Urban Obstacle Run 2018, adalah event lari internasional, yang menantang adrenalin peserta dengan melewati rintangan yang telah dipersiapkan untuk peserta militer dan umum, serta lomba lari dengan jarak tempuh 5 KM dan 10 KM.

Acara Lainnya:  Aerobatic Show, Static Show, Bazaar

Registration: Online Registration : adisutjiptourban.obstaclerun.id, Offline Registration & Fast Response Contact: Kapten Pnb Reza Alka : 08218933373, Indra Jogja Playon : 085643060639, Sekretariat-Kantor POM Lanud Adisutjipto : 085799088172

Info dan kontak: Facebook: Adisutjipto Urban Obstacle Run, Twitter & Instagram: @auor2018, Website: adisutjiptourban.obstaclerun.id

 

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home