Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:11 WIB | Senin, 08 Februari 2016

Adele, Artis Terlaris Tahun 2015

Salah satu album Adele terbaru bertajuk "25". (Foto: Dok. satuharapan.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Adele, penyanyi solo yang memecahkan rekor lewat lagunya yang bertajuk “Hello” dan album terbarunya yang berjudul “25”, secara resmi diumumkan sebagai artis terlaris tahun 2015.

Badan industri musik dunia IFPI mengatakan penyanyi lagu-lagu bergenre balad asal Inggris itu terlaris berdasarkan penjualan albumnya di seluruh dunia rekaman.

Adele meraih penghargaan sepanjang tahun meskipun dia tidak melepaskan album “25”nya hingga 20 November dan menolak untuk menempatkan albumnya di situs streaming. Ini merupakan langkah yang langka di mana pada saat ini layanan tersebut merupakan permintaan terbesar dari masyarakat di seluruh dunia.

“25” merupakan album ketiga Adele yang muncul setelah empat tahun tak berkarya. Album ini memecahkan rekor untuk penjualan di minggu pertama di Amerika Serikat dan Inggris.

Lagu pertama yang berjudul “Hello” adalah sebuah lagu balad yang berkaitan dengan album Adele sebelumnya. Single pertama tersebut telah diunduh lebih dari satu juta kali di Amerika Serikat hanya dalam waktu satu minggu.

Kepala Eksekutif IFPI Frances Moore dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Eropa pada hari Senin (8/2) menyebut album “25” sebagai “sensasi pelarian global tahun 2015” dan mengatakan  pencapaian Adele “hanya fenomenal”.

IFPI, yang merupakan singkatan dari Federasi Internasional Industri Phonographic, memberikan penghargaan tahunan berdasarkan penjualan fisik, digital serta streaming dari artis tersebut, meskipun kelompok itu tidak mengeluarkan data.

Layanan pelacakan Nielsen SoundScan melaporkan pada hari Minggu (7/2) bahwa album "25" telah terjual delapan juta kopi di Amerika Serikat – ini adalah album keenam terlaris setelah penjualan terakhir tahun 2001, ketika iTunes dan inovasi musik digital lainnya mengguncang industri musik. (alarabiya.net)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home